Berita  

Kasus Foto Pj Wali Pusat Kota Bekasi juga 10 Camat Pamer Jersey Nomor 2, Bawaslu Kumpulkan Bukti

Kasus Foto Pj Wali Pusat Pusat Kota Bekasi juga 10 Camat Pamer Jersey Nomor 2, Bawaslu Kumpulkan Bukti

Berita Teknologi Hari IniMelex.id Bekasi – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Perkotaan Bekasi mulai menyelidiki persoalan hukum foto Penjabat Wali Pusat Kota Bekasi Raden Gani Muhamad juga ASN pamer jersey nomor dua di area Stadion Patriot Candrabhaga. Penyelidikan itu merupakan perbuatan lanjut dari laporan penduduk melawan dugaan pelanggaran netralitas ASN.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Daerah Perkotaan Bekasi, Muhammad Sodikin mengatakan, akan segera minta klarifikasi untuk seluruh orang yang ada pada foto tersebut.

“Nanti tinggal pada proses berjalan proses klarifikasi, penyelidikan, nanti akan kami himpun bukti-bukti, bila perlu kami harus memanggil saksi ahli untuk menentukan sikap kasus, nanti akan kami panggil,” kata Sodikin untuk wartawan pada kantor Bawaslu Perkotaan Bekasi, Kamis, 4 Januari 2024.

Sodikin menjelaskan, terdapat 13 orang yang mana dilaporkan di persoalan hukum foto jersey nomor 2 tersebut. Ketiga belas terlapor itu, yakni Pj Wali Daerah Perkotaan Bekasi Raden Gani Muhamad, pimpinan cabang Bank BJB Perkotaan Bekasi, Kepala Satpol PP, lalu 10 camat di area Perkotaan Bekasi. Sebelumnya diduga ada 11 camat yang digunakan terlibat.

Dalam waktu dekat, Bawaslu Bekasi akan datang minta keterangan pelapor tindakan hukum dugaan pelanggaran aturan netralitas ASN di Pemilihan Umum 2024. Selanjutnya, Bawaslu akan memeriksa lima ASN yang memegang kaus jersey bernomor dua. 

“Ini kan ada 13 terlapor. Tidak menyembunyikan kemungkinan nanti pada proses pengembangan ketiga belas orang yang dimaksud akan dimintai keterangan, tetapi untuk memfokuskan permintaan klarifikasi akan fokus ke yang dimaksud memegang jersey dulu,” ujar Sodikin.

Foto itu diambil ketika ASN Perkotaan Bekasi bermain sepak bola di dalam Stadion Patriot Candrabhaga pada Jumat, 29 Desember 2023. Kegiatan yang disebutkan merupakan rutinitas ASN Daerah Perkotaan Bekasi untuk menjaga silaturahim.

Dalam foto tersebut, tampak Pj Wali Pusat Kota Bekasi Raden Gani Muhammad berfoto sama-sama beberapa ASN dalam pinggir lapangan. Beberapa ASN terlihat memegang jersey dengan nomor punggung 2 ketika difoto. Terpantau ada lima ASN yang memamerkan jersey nomor 2 pada foto itu, kemudian bukan ada jersey dengan nomor lain.

Soal foto jersey 2 itu, Pj Wali Daerah Perkotaan Bekasi berkilah bahwa hal yang disebutkan murni ketidaksengajaan. “Saya yakin apa yang digunakan terjadi itu bukanlah unsur kesengajaan. Kita tahu semua yang ada di dalam lapangan pada ketika itu tak ada satu pun dari rekan-rekan kita yang dimaksud hadir pada stadion untuk menyuarakan atau membantu terhadap salah satu partai tertentu serta saya jamin hal yang dimaksud tak terjadi di dalam Pemkot Bekasi,” kata Gani pada keterangan resmi tertulis, Rabu, 3 Januari 2024.

ADI WARSONO