Berita  

Kemenhub Berangkatkan Partisipan Mudik Gratis Nataru ke 11 Daerah Perkotaan

Kemenhub Berangkatkan Partisipan Mudik Gratis Nataru ke 11 Daerah Perkotaan

Berita Teknologi Hari IniMelex.id Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberangkatkan kontestan mudik gratis Natal 2023 juga Tahun Baru 2024 ke 11 kota, yakni Semarang, Solo, Yogyakarta, Wonogiri, Cilacap, Purwokerto, Wonosobo, Surabaya, Kediri, Malang juga Madiun.

Program ini bertujuan mengempiskan hitungan kemacetan kemudian kecelakaan lalu lintas dikarenakan masifnya pergerakan rakyat di tempat momen liburan akhir tahun.

Pelepasan mudik gratis diadakan pada luar terminatl, yaitu Terminal Terpadu Pulogebang, Ibukota Indonesia Timur serta pada Terminal Kampung Rambutan, Ibukota Timur.

Keberangkatan di area Terminal Pulogebang, dilepas Kepala Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Robby Kurniawan bersatu Plt. Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Suharto.

“Ini adalah sebagai bentuk perhatian serta penampilan negara untuk memfasilitasi masyarakat, semoga tentunya acara ini dapat bermanfaat kemudian juga dapat mengupayakan menghurangi tingkat kecelakaan yang tersebut akan terjadi selama masa Nataru,” tutur Robby di keterangannya.

“Kami doakan semoga bapak-bapak ibu-ibu sekalian yang akan melakukan perjalanan masih sehat di perjalanan selamat sampai tempat tujuan berjumpa dengan keluarga kemudian kemudian nanti pada saatnya lagi bisa saja kembali ke di lokasi ini di keadaan sehat walafiat juga,” harapnya.

Plt. Kepala BPTJ Suharto menambahkan bahwa penyelenggaraan Mudik Gratis Nataru ini baru kembali dijalankan setelahnya melalui masa Covid-19, oleh sebab itu memerhatikan hasil survei BKT.

“Mudik gratis ini untuk memberikan pelayanan sekaligus ini demi menjaga ketertiban, kami juga sudah ada berkali-kali mengimbau adanya mudik gratis ini untuk penduduk agar tiada menggunakan kendaraan pribadi khususnya menggunakan sepeda gowes motor lantaran tingkat infrastruktur paling tinggi adalah pemakaian sepeda gowes motor makanya kami akan hadir untuk memberikan kenyamanan keamanan bermasyarakat,” ungkap Suharto.

Sementara pelepasan pemberangkatan bus di area Terminal Kp. Rambutan, diadakan Inspektur 1, Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan Amin Hudaya didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Amirulloh lalu Direktur Sarana Transportasi Jalan, Danto Restyawan beserta jajaran.

“Kegiatan dengan tema ‘Transportasi Aman Liburan Nyaman’ ini bertujuan untuk menghurangi kemungkinan kecelakaan lalu lintas khususnya bagi sepeda gowes motor kemudian menurunkan kepadatan lalu lintas di tempat jalan,” ujar Inspektur Amin ketika membacakan sambutan Menteri Perhubungan.

Adapun total bus yang dimaksud digunakan sebanyak 90 unit, yang dimaksud terbagi menjadi sebanyak 27 bus diberangkatkan dari Terminal Kp. Rambutan dan juga 63 bus lainnya diberangkatkan dari Terminal terpadu Pulogebang pada waktu yang tersebut sama.

“Sebanyak 1.024 kontestan mudik gratis diberangkatkan dari Terminal Kp. Rambutan. Sedangkan, sebanyak 2.473 partisipan mudik gratis dengan 63 bus pada waktu ini juga akan diberangkatkan dari Terminal Pulogebang Ibukota Indonesia Timur,” jelas Iman.

Kemudian ia berharap penyelenggaraan mudik gratis angkutan jalan ini diberikan kelancaran serta keselamatan selama perjalanan juga tiba dalam tempat tujuan masing-masing dengan penuh kebahagiaan.