Kenapa Kompetisi Timnas Indonesia vs Jepun Jadi Laga Penentu dalam Piala Asia 2023?

Kenapa Kompetisi Timnas Indonesia vs Jepun Jadi Laga Penentu pada Piala Asia 2023?

Berita Bola Hari IniMelex.id Timnas Indonesia akan menghadapi tantangan seru pada waktu berduel dengan Negeri Matahari Terbit di pertandingan penentu di tempat Grup D Piala Asia 2023 pada Rabu (24/1/2024). Kenapa disebut laga penentu?

Pertandingan ini menawarkan sebuah drama menarik yang mungkin saja menjadi penentu bagi nasib kedua tim.

Jepang sebelumnya dianggap sebagai kelompok yang dimaksud tidak ada akan kesulitan di tempat Grup D Piala Asia 2023 sama-sama Vietnam juga Irak.

Vietnam pada waktu menghadapi Jepun di fase grup Piala Asia 2023 (the-afc.com)
Vietnam ketika menghadapi Negeri Sakura di fase grup Piala Asia 2023 (the-afc.com)

Namun, setelahnya meraih kemenangan 4-2 melawan Vietnam, Samurai Biru harus menelan kekalahan 1-2 melawan Irak, menyebabkan dia berada di dalam tempat kedua klasemen.

Posisi ini memberikan tekanan pada Jepang, yang tersebut sekarang tertinggal tiga poin di dalam belakang Irak yang menduduki puncak klasemen pasca menang melawan Timnas Indonesia.

BACA JUGA: Piala Asia 2023: Marc Klok Tebar Ancaman ke Jepang, Tuliskan Kata-kata Hal ini pada Medsos

Timnas Indonesia sendiri mengalami kekalahan 1-3 dari Irak dan juga meraih kemenangan satu gol tanpa balas menghadapi Vietnam.

Saat ini, mereka itu berada pada kedudukan ketiga dengan total poin yang mirip dengan Jepang, yaitu tiga poin.

Meskipun Timnas Indonesia harus menang untuk merebut kedudukan runner-up, kekalahan atau hasil imbang tak akan memproduksi merek segera tersingkir.

Mereka masih mempunyai potensi untuk melaju ke 16 Besar, namun harus bersaing dari tempat peringkat ketiga terbaik.

BACA JUGA: Piala Asia 2023: Sandy Walsh Bakar Semangat Timnas Indonesia Jelang Lawan Jepang, Target ke Babak 16 Besar

Meski kualitas kedua kelompok terlihat berbeda di dalam melawan kertas, namun prospek keduanya menuju 16 Besar Piala Asia 2023 terbuka lebar. Kompetisi terakhir Grup D Piala Asia 2023 ini menjadi sorotan utama dikarenakan mempunyai prospek menentukan nasib kedua tim.

Timnas Indonesia punya harapan

Pada matchday kedua Grup D Piala Asia 2023, Timnas Indonesia menorehkan kemenangan satu gol tanpa balas berhadapan dengan Timnas Vietnam, memberikan harapan besar untuk melangkah ke putaran 16 besar. Laga ini berlangsung pada Jumat, 19 Januari 2024, di tempat Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Dalam pertandingan tersebut, Garuda berhasil meraih kemenangan berkat gol dari Asnawi Mangkualam melalui titik penalti pada menit ke-42. Keberhasilan ini membuka potensi besar bagi Tim Merah Putih untuk melangkah lebih besar sangat jauh di tempat kompetisi bergengsi ini.

Marc Klok, yang tersebut merupakan salah satu pemain kunci Timnas Indonesia, menyampaikan optimisme terkait potensi timnya untuk melaju ke putaran 16 besar. Ia menilai kemenangan menghadapi Vietnam sebagai hasil dari performa pasukan yang digunakan luar biasa.

“Great team performance and crucial win. Our big 16 dream lives on (Dengan kinerja pasukan yang dimaksud hebat, mimpi kami untuk melangkah ke putaran 16 besar masih tetap memperlihatkan hidup),” ungkap Marc Klok melalui akun Instagram pribadinya @marcklok diunggah pada Sabtu.

Berikutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi tantangan berat ketika berduel dengan Timnas Negeri Sakura di pertarungan bertarung memperebutkan satu tiket lolos ke sesi 16 besar sebagai runner-up Grup D.

Sumber : Suara.com