Keuskupan Agung Minta Umat Katolik Tidak Golput dalam pemilihan raya 2024

Keuskupan Agung Minta Umat Katolik Tidak Golput di pemilihan raya 2024

Berita Politik Hari IniMelex.id JAKARTA – Keuskupan Agung DKI Jakarta memohonkan umat Katolik untuk tiada golput pada Pemilihan Umum 2024. Mereka pun diminta untuk memilih dengan cerdas dengan mengikuti hati nurani masing-masing.

Hal itu diungkapkan Uskup Keuskupan Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo ketika konferensi pers Natal 2023 Keuskupan Agung Jakarta, dalam Gereja Katedral Jakarta, Hari Senin (25/12/2023).

“Pada umat Katolik saya katakan silakan datang untuk terlibat memilih calon-calon pemimpin kita dengan pendapat hati masing-masing. Tidak ada paksakan. Kalau saya mengungkapkan pilih ini nanti saya di area kartu merah oleh Paus, enggak boleh. Tetapi saya katakan silakan pilih dengan cerdas menurut hati nurani,” katanya.

Dia pun memberikan contoh bagaimana memilih pemimpin dengan pengumuman hati yang jelas. Dalam contohnya, ia menyebutkan memilih pemimpin yang tersebut telah memberikan partisipasi bagi masyarakat.

“Untuk memilih calon-calon dengan pengumuman hati yang jelas, ini saya akan memberikan contoh saja, saya coba tanya ‘Anda sudah ada pernah berbuat baik atau belum untuk masyarakat?. Kalau orang ini dikenal lantaran rajin berbuat baik, akibat kepeduliannya ya itulah yang dimaksud dipilih masyarakat,” ucapnya.

Sumber : Sindonews.com