Kominfo juga Microsoft Siapkan 300 Beasiswa Talenta AI, Cek Syaratnya!

Kominfo juga Microsoft Siapkan 300 Beasiswa Talenta AI, Cek Syaratnya!

Jakarta – Kementerian Komunikasi juga Informatika (Kominfo), Microsoft, lalu Biji-biji Initiative mengatur Roadshow Talenta Teknologi AI Indonesia ke 6 universitas di 6 kota Indonesia.

Dalam rangka menyiapkan talenta digital, roadshow kali ini mengangkat topik “Masa Depan Planet Kerja dengan Kecerdasan Buatan” di bentuk kuliah umum yang mana merupakan bagian dari acara Talenta Kecerdasan Buatan Indonesia.

Program ini bertujuan membekali 100.000 angkatan kerja muda dengan keterampilan kecerdasan artifisial (AI), data, kemudian keamanan siber, dan juga membekali 1.000 dalam antaranya dengan beasiswa sertifikasi Microsoft.

Pada kegiatan yang digunakan berlangsung dalam Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Wakil Menteri Kementerian Komunikasi serta Informatika, Nezar Patria di kuliah umumnya menyampaikan mengenai perkembangan teknologi AI.

“Dalam menghadapi era disrupsi teknologi, ada 5 skill utama yang tersebut penting dimiliki seiring dengan luasnya pemanfaatan AI, yaitu berpikir kreatif, pola pikir analitik, literasi teknologi, pola pikir sistemik, dan juga Artificial Intelligence juga Big Data,” paparnya, disitir dari keterangan tertulis, Hari Senin (25/3/2024).

Dalam kesempatan yang dimaksud sama, Kominfo juga memberikan dukungan terhadap acara Talenta Kecerdasan Buatan Indonesia. Kerjasama ini sebagai dukungan pemberian 300 beasiswa sertifikasi Microsoft pada bidang AI, data, dan juga keamanan siber.

Beasiswa diberikan terhadap 300 peserta didik terpilih yang sedang kuliah tingkat akhir dan juga atau baru lulus, yang dimaksud tergabung dalam acara Digital Talent Scholarship Kominfo.

Selain Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, 5 universitas lainnya salah satunya Universitas Esa Unggul Bekasi, Universitas Hassanudin Makassar, Universitas Swadaya Gunung Cirebon, Universitas Trunojoyo Madura, dan juga Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Program Talenta Artificial Intelligence Tanah Air tidak ada belaka memberikan pelatihan dan juga sertifikasi. Audien kegiatan juga mendapatkan pendampingan karier terdiri dari pengembangan soft skills, seperti komunikasi, problem solving, juga design thinking, melalui pembukaan sama-sama Skilvul, sebuah platform digital sekolah teknologi.

Bagi partisipan yang mana telah lama memiliki sertifikasi dari Microsoft juga akan dibimbing oleh sebagian mentor untuk menyelesaikan studi tindakan hukum serta memulai pembangunan portofolio yang dimaksud nantinya akan dipresentasikan pada mitra-mitra Microsoft.

Sejak diresmikan pada September 2023, acara Talenta Kecerdasan Buatan Indonesi yang dapat disertai secara gratis melalui laman aka.ms/talentaAIid .

Artikel Selanjutnya Banyak Manfaat! Hal ini Tujuan Utama Dibangunnya PDN

Artikel ini disadur dari Kominfo dan Microsoft Siapkan 300 Beasiswa Talenta AI, Cek Syaratnya!