Health  

Konsumsi Suplemen Meningkat Sejak Pandemi, BPOM Minta APSKI Ikut Lindungi Masyarakat dari Penyalahgunaan Produk

Konsumsi Suplemen Meningkat Sejak Pandemi, BPOM Minta APSKI Ikut Lindungi Masyarakat dari Penyalahgunaan Produk

Melex.id – Sejak pandemi Covid-19, tren mengonsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh di tempat penduduk semakin meningkat. Dewan Pembina APSKI (Asosiasi Pengusaha Suplemen Kesehatan Indonesia) Patrick Kalona menilai jika saat ini konsumen akan lebih lanjut kritis lagi dalam mengonsumsi suplemen. 

Mereka akan mencari produk-produk sesuai dengan fungsinya terutama untuk memperkuat kegiatan sehari-hari. Hal ini berkaitan dengan tekanan yang tersebut tinggi dari pekerja perkotaan.

“Konsumen lari ke function terutama yang tersebut berkaitan dengan performance yang digunakan menyokong aktivitas, maka kita lihat permintaan komoditas suplemen mengarah ke kecantikan atau kegiatan yang memperkuat penampilan,” tegas dia.

Untuk itulah Badan Pengawas Obat serta Makanan (BPOM) memohonkan APSKI terus berpartisipasi dalam memberikan edukasi kepada warga untuk memilih hasil yang dimaksud aman lalu bermutu. Hal ini, tentu belaka agar dapat melindungi warga dari penyalahgunaan produk.

“Ini sejalan dengan tugas kami dalam melakukan pengawasan pengawasan obat kemudian makanan termasuk salah satunya suplemen,” kata Plt. Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan serta Kosmetik, Badan Pengawas Obat dan juga Makanan (BPOM), Reri Indriani.

Untuk itu, dalam rangka memperingati HUT APSKI yang ke-25, seminar bertema “Strategi Membangun Industri Suplemen Kesehatan Nasional Menuju Bangsa yang digunakan Maju kemudian Mandiri” diselenggarakan untuk memberikan paparan serta berbagi pengetahuan di area bidang suplementasi.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Suplemen Kesehatan Indonesia (APSKI), Decky Yao mengatakan, APSKI mencoba turut berkontribusi untuk memikirkan bagaimana kita semua bersiap juga lebih banyak kuat dalam menghadapi tantangan apapun pada masa depan melalui seminar menghadirkan pakar dan juga narasumber. 

“Melalui terobosan inovasi yang dimaksud dapat dijalankan dengan cepat untuk menjawab tantangan jaman, peraturan terkait Suplemen Kesehatan yang mana lebih lanjut kondusif juga penting serta bagaimana kesempatan diberikan kepada industri agar produk-produk inovatif dapat masuk ke pasar dengan baik kemudian cepat kemudian mermanfaat untuk masyarakat,” ujar Decky.

Sumber : Suara.com