KPU Benarkan PPLN Taipei Telah Distribusi Surat Suara ke Pemilih dalam Luar Jadwal

KPU Benarkan PPLN Taipei Telah Distribusi Surat Suara ke Pemilih di Luar Jadwal

Berita Politik Hari IniMelex.id JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) membenarkan adanya surat pernyataan telah terjadi terkirim ke para pemilih di dalam Taipei, Taiwan sebelum jadwal distribusi berlangsung yakni pada 2-11 Januari 2024. Setidaknya ada 31.276 dari jumlah total 175.145 surat pengumuman yang digunakan terkirim ke pemilih yang tersebut mencoblos dengan menggunakan metode pos.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari menjelaskan, distribusi surat pendapat ke pemilih sudah dijalankan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Taipei di dua tahap. Pertama, 929 surat pernyataan pilpres juga 929 surat ucapan Pileg DPR Dapil DKI DKI Jakarta 2 pada 18 Desember 2023.

“Kemudian gelombang kedua dikirimkan 25 Desember 2023 oleh PPLN untuk pemilih, yang tersebut dikirimkan 30.347 amplop lembar surat kata-kata untuk pilpres serta DPR RI,” kata Hasyim ketika jumpa pers di tempat kantornya, Selasa (26/12/2023).

Hasyim berkata pengiriman surat pendapat oleh PPLN ke pemilih itu di tempat luar dari jadwal yang mana ditentukan pada PKPU Nomor 25 Tahun 2023 tentang Pemungutan juga Penghitungan Suara Dalam Pemilu, yakni pada 2 Januari hingga 11 Januari 2024.

“Nah dengan demikian sangat mungkin saja pasca pemilih menerima surat kata-kata itu kemudin pemilih telah menerima surat yang disebutkan kemudian memberikan suaranya, ini kan bisa jadi jadi problem lantaran pengirimannya tidaklah sesuai dengan jadwal,” kata Hasyim.

Kendati demikian, kata Hasyim, pihannya sudah mengambil langkah di menyiasati persoalan itu dengan mengatur Rapat Pleno pada 25 Desember 2023. Hasilnya, kata Hasyim, surat pernyataan yang digunakan sudah terdistribusi ke pemilih dinyatakan tidak ada sah atau rusak.

“Surat pengumuman yang mana sudah ada dikirim terhadap pemilih dengan metode pos sebanyak 31.276 lembar untuk masing-masing jenis pemilihan umum Pilpres juga Pileg pada 18 Desember maupun gelombang kedua 25 Desember, kami nyatakan surat ucapan yang disebutkan masuk kategori rusak serta bukan diperhitungkan di catatan surat ucapan pada formulir C hasil LN-pos,” kata Hasyim.

“Mengapa? Karena dikirim sebelum waktunya. Dengan dmikian tidaklah seusai dengan ketentuan yang digunakan sudah ada diatur,” katanya.

Untuk diketahui, video seseorang pemilih dalam Taiwan telah terjadi mendapatkan surat pengumuman Pilpres dan juga Pileg 2024 menyebar pada sosial media. Adapun unggahan video yang mana dibagikan akun TikTok @hany_ajja88. Video itu memperlihatkan momen individu TKI selama Taiwan sedang membuka sebuah amplop dalam bentuk surat pengumuman Pemilihan Umum 2024 mendatang.

Sumber : Sindonews.com