Kutukan Philippe Troussier vs Timnas Indonesia: Dulu Dipecat, Kini Dipulangkan dari Piala Asia 2023

Kutukan Philippe Troussier vs Timnas Indonesia: Dulu Dipecat, Kini Dipulangkan dari Piala Asia 2023

Berita Bola Hari IniMelex.id Timnas Indonesia kerap menjelma mimpi buruk buat Philippe Troussier. Saat menghadapi Garuda, ahli jika Prancis itu selalu menemui nasib buruk.

Skuad besutannya, Timnas Vietnam, harus menelan kekalahan dari Timnas Indonesia pada waktu saling sikut di area laga kedua Grup D Piala Asia 2023

Pertemuan di area Stadion Abdullah bin Khalifa Doha, Qatar, Hari Jumat (19/1/2024) di malam hari WIB, itu berakhir untuk kemenangan Timnas Indonesia satu-nol lewat gol penalti Asnawi Mangkualam.

Karena kekalahan ini, Vietnam dipastikan tidak ada akan lolos ke sesi 16 besar kendati masih menyisakan satu laga terakhir melawan Irak.

Dengan hasil ini, Vietnam gagal mengulang pencapaian dia di area Piala Asia 2019 pada waktu berhasil lolos ke fase 16 besar.

Bagi Philippe Troussier sendiri, kekalahan ini menambah masa berlaku rekor buruknya pada waktu bertemu Timnas Indonesia.

Sebelum laga Vietnam vs Timnas Indonesia di area Piala Asia 2023, Philippe Troussier membesut Qatar serta bertemu Indonesia dalam Piala Asia 2004.

Di pertandingan terbesar di dalam Asia tersebut, Qatar besutan Troussier tergabung di tempat Grup A bersatu Indonesia, Bahrain, serta tuan rumah China.

Melawan Timnas Indonesia pada laga pertama, Qatar secara mengejutkan tumbang dengan skor 1-2. Dua gol Timnas Indonesia pada waktu itu dicetak Budi Sudarsono serta Ponaryo Astaman.

Bagi Troussier, kekalahan ini akhirnya berujung pada pemecatan dari instruktur Qatar. Ia didepak tak lama pasca Qatar kalah dari Timnas Indonesia dalam matchday pertama Piala Asia 2004.

Tak cuma dalam level senior, Philippe Troussier juga bernasib buruk ketika menghadapi Timnas Indonesia di dalam level kelompok umur.

Pada laga semifinal SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 besutan Indra Sjafri berhasil mengalahkan Vietnam U-22 arahan Troussier.

Kontributor: Aditia Rizki

Sumber : Suara.com