Ledakan Bintang Super Dahsyat Muncul di Langit, Hal ini Jadwal-Cara Lihat

Ledakan Bintang Super Dahsyat Muncul ke Langit, Hal ini Jadwal-Cara Lihat

Jakarta – Ledakan bintang super dahsyat yang mana berasal dari jarak 3.000 tahun cahaya mampu diamati dari Bumi. NASA mengungkapkan warga Bumi bisa saja menyaksikannya dengan mata telanjang.

Fenomena ini disebut sebagai perkembangan langka yang mana dapat disaksikan satu kali seumur hidup, disitir dari NBC Washingtong, Selasa (26/3/2024).

Peristiwa langka ini muncul di mana bintang putih berukuran kecil dan juga bintang merah raksasa saling mendekat. Ketika bintang merah mengeluarkan lapisan luarnya, bintang putih akan menyerapkan ke permukaan hingga terjadi kenaikan temperatur yang mana luar biasa.

Alhasil, akan berlangsung reaksi nuklir panas yang digunakan menyebabkan ledakan bintang dahsyat, menurut penjelasan NASA.

Ledakan itu akan mengeluarkan cahaya terang seberti bintang utara yang digunakan dinamai Polaris. Diprediksi, ledakan akan terjadi pada September 2024 mendatang.

Ketika tingkat kecerahannya mencapai puncak, fenomena ledakan ini bisa saja terlihat dengan mata telanjang.

“Sistem bintang biasanya mempunyai magnitude +10 juga sulit dilihat dengan mata telanjang. Namun selama perkembangan ini terjadi, sistem bintang akan lompat ke magnitude +2,” menurut pernyataan resmi NASA.

Sistem bintang pada peristiwan ini disebut T Coronae Borealis atau T CrB. Letaknya ke pada konstelasi Corona Borealis. Ketika ledakan terjadi, akan ada kilau cahaya terang dari bintang di dalam North Crown, yakni busur kecil antara konstelasi Bootes kemudian Hercules.

Artikel Selanjutnya NASA Kini Tahu 30 Menit Sebelum Bumi Kiamat

Artikel ini disadur dari Ledakan Bintang Super Dahsyat Muncul di Langit, Ini Jadwal-Cara Lihat