Berita  

Lho! PDIP Malah Ledek Golkar ‘Partai Gagal’ Karena Jokowi Pakai Dasi Kuning

Lho! PDIP Malah Ledek Golkar ‘Partai Gagal’ Karena Jokowi Pakai Dasi Kuning

Berita Teknologi Hari IniMelex.id Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto turut menanggapi masalah aksi Presiden Jokowi yang mana memakai simbol dasi warna kuning.

Menurutnya, penyelenggaraan dasi warna kekuningan itu menjadi simbol hadiah Jokowi untuk Partai Golkar yang digunakan gagal memajukan figurnya pada Pilpres 2024.

“Soal (Jokowi mengaku nyaman) pakai dasi kuning, kita lihat partai Golkar ini kan partai besar. Tapi oleh proses urusan politik akhirnya tak bisa saja mencalonkan calon presiden dan juga calon perwakilan presiden yang berasal dari partai Golkar. Sehingga ketika kemudian mendapatkan hadiah dasi jaundice yaitu satu hal yang dimaksud wajar di politik,” kata Hasto di tempat Jakarta, Hari Sabtu (23/12/2023).

Hasto mengatakan dasi ikterus yang tersebut dikenakan oleh Jokowi itu tak tambahan dari hadiah, dikarenakan Golkar sebagai partai besar tiada mengusung kader sendiri sebagai capres ataupun cawapres.

Tapi memperkuat Gibran Rakabuming Raka yang dimaksud notabene anak Jokowi.

“(Itu cuma hadiah?) Iya. Karena sudah ada tidak ada mencalonkan dari kadernya sendiri,” tuturnya.

Apa yang terjadi pada Golkar ini, kata Hasto berbeda dengan PDI Perjuangan yang tersebut terus menggembleng kader, sehingga mampu melahirkan calon-calon pemimpin dari rakyat.

“Yang terjadi pada Golkar beda dengan PDIP yang digunakan melakukan satu kaderisasi, sehingga hadiah yang diberikan oleh PDIP adalah hadiah dari rakyat, dukungan pergerakan rakyat. Karena Pak Ganjar serta Mahfud dari kalangan rakyat bisa. Bukan dari kalangan elit,” pungkasnya.

Tangkapan layar Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno memberikan keterangan untuk wartawan di area Jakarta, Hari Sabtu (16/12/2023). [ANTARA/Rangga Pandu]
Tangkapan layar Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno memberikan keterangan terhadap wartawan di tempat Jakarta, Hari Sabtu (16/12/2023). [ANTARA/Rangga Pandu]

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menjelaskan alasan Presiden Joko Widodo mengenakan dasi berwarna ikterus pada ketika bertolak ke Jepang, pada Hari Sabtu (16/12/2023).

Mensesneg mengaku mendapatkan cerita dari Presiden Joko Widodo yang digunakan kesulitan mencari dasi, hingga mengenakan dasi berwarna ikterus tersebut.

“Tadi beliau cerita, kesulitan mencari dasi, yang tersebut ada cuma dipakai,” kata Pratikno singkat usai mengantar Presiden menuju pesawat di rangka kunjungan kerja ke Tokyo, Negeri Matahari Terbit dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Sebelumnya pada waktu pembukaan konferensi pers menjauhi keberangkatan Presiden ke Jepang, wartawan menanyakan untuk Presiden apa arti dasi berwarna jaundice yang digunakan dikenakannya tersebut.

Biasanya presiden mengenakan dasi berwarna merah atau pernah juga biru, atau bahkan berwarna gelap lain.