Mahfud MD Tampilan Keren lalu To The Point pada Debat Cawapres 2024

Mahfud MD Tampilan Keren lalu To The Point pada Debat Cawapres 2024

Berita Politik Hari IniMelex.id JAKARTA – Pengamat Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno menilai cawapres nomor urut 3 Mahfud MD tampil luar biasa pada waktu tampil pada debat perdana Cawapres 2024.

“Mahfud tampil keren lalu meyakinkan dan juga menyampaikan fakta yang terjadi di area lapangan secara riil,” kata Adi, Akhir Pekan (24/12/2023).

Dia menilai Mahfud konsisten dengan positioning bahwa penegakan hukum lalu pemberantasan korupsi adalah kunci di urusan investasi, ekonomi, pembangunan, serta lainnya.

Argumentasi Mahfud juga sangat meyakinkan walaupun tidak berlatar belakang ekonomi. “Seperti biasa, Mahfud tampil apa adanya, tak ada gimmick, to the point ke pokok persoalan,” ujarnya.

Direktur Eksekutif Parameter Politik itu menyatakan gagasan yang dimaksud disampaikan Mahfud pada debat kemarin dibutuhkan. Dia menawarkan gagasan konkret persoalan peningkatan dunia usaha dengan penegakan hukum yang mana adil juga tak pandang bulu.

“Ekonomi, investasi, dan juga penyelenggaraan tanpa penegakan hukum mampu repot. Mahfud konsisten dengan gagasan orisinalitas. Gagasannya hukum jadi panglima,” ucapnya.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator Rustika Herlambang menyampaikan dari hasil riset perbincangan di dalam media sosial selama debat berlangsung pada rentang waktu 18.00-23.00 WIB, Mahfud merupakan cawapres dengan tingkat perbincangan positif tertinggi sekitar 65 persen dibandingkan Gibran Rakabuming Raka 48 persen kemudian Muhaimin Iskandar 33 persen.

Tingginya sentimen positif Mahfud juga dihadiri oleh emotion trust yang digunakan besar hingga mencapai 65 persen. Tertinggi di area antara cawapres lainnya. Selanjutnya disertai emotion anticipation 13 persen.

Penampilan Mahfud dinilai sebagai hasil dari pengalaman dengan ketenangan di setiap jawaban. Mahfud dinilai mampu menjawab pertanyaan sulit yang digunakan dilontarkan Gibran menggunakan helicopter view.

“Pengalaman, keyakinan, track record, jam terbang menjadi salah satu landasan keyakinan publik. Ini adalah yang digunakan ditunjukkan Mahfud. Hal inilah yang dimaksud menghasilkan netizen mengapresiasi Mahfud dengan ketenangan, jawaban debat yang digunakan menggunakan pendekatan rasional juga argumentatif,” ujar Rustika.

Mahfud akan melawan Cak Imin kemudian Gibran lagi pada debat selanjutnya 21 Januari 2024. Tema debat yakni pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, rakyat adat, lalu desa.

Sumber : Sindonews.com