Mau Melewati Babak 16 Besar Piala Asia 2023? Minimal Timnas Indonesia Harus Begini pada waktu Hadapi Negeri Matahari Terbit

Mau Melewati Babak 16 Besar Piala Asia 2023? Minimal Timnas Indonesia Harus Begini pada waktu Hadapi Negeri Matahari Terbit

Berita Bola Hari IniMelex.id Empat negara dari kawasan ASEAN, termasuk Indonesia, Malaysia, Vietnam, juga Thailand, menguatkan persaingan di dalam kompetisi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia menjadi sorotan utama pada Piala Asia 2023, dikarenakan kemungkinan menjadi satu-satunya perwakilan Asia Tenggara yang mana berhasil melaju ke fase 16 besar.

Meskipun penuh harapan, Vietnam serta Malaya harus menelan kekecewaan oleh sebab itu menjadi kelompok pertama dan juga kedua yang tersingkir dalam fase grup Piala Asia 2023. Vietnam mengalami nasib sial setelahnya mengalami kekalahan di area dua pertandingan awal Grup D, termasuk kekalahan 0-1 dari Timnas Indonesia. Di sisi lain, Malaya juga menemui kesulitan dengan dua kekalahan di area laga pembuka Grup E.

Thailand, delegasi lain dari Asia Tenggara, berhasil mengungguli laga perdana merek dalam Grup F Piala Asia 2023 dengan mengalahkan Kirgistan 2-0. Namun, dalam pertandingan selanjutnya, Thailand dihadapkan pada tantangan berat melawan Oman serta Arab Saudi. Meski mempunyai potensi, Thailand harus mengakui kekuatan Arab Saudi serta mengalami kekalahan tipis dari Oman.

BACA JUGA: Daftar 4 Negara Berhasil 16 Besar Piala Asia 2023, Seberapa Besar Kans Timnas Indonesia Menyusul?

Timnas Indonesia, pada perjalanan merekan di dalam Piala Asia 2023, menghadapi kekalahan 1-3 dari Irak lalu kemenangan satu-nol melawan Vietnam. Dalam laga penentuan di area fase grup, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Negeri Sakura pada Rabu, 24 Januari 2024 waktu malam WIB.

Meski Jepun tidak ada tampil impresif setelahnya kebobolan dua gol melawan Vietnam kemudian kalah 1-2 dari Irak, Timnas Indonesia mempunyai kesempatan untuk meraih hasil positif.

Kehadiran fakta ini membuktikan bahwa Timnas Indonesia dapat menahan Negeri Sakura atau bahkan meraih hasil imbang. Jika mampu bermain imbang, kesempatan Timnas Indonesia melaju ke sesi 16 besar melalui jalur peringkat tiga terbaik semakin terbuka.

Tentu, bahkan pada skenario kekalahan, Timnas Indonesia masih mempunyai potensi untuk melangkah ke putaran berikutnya lewat jalur peringkat tiga terbaik. Namun, kemenangan menghadapi Negeri Matahari Terbit akan menghadirkan Timnas Indonesia secara langsung lolos sebagai runner-up Grup D ke putaran 16 besar Piala Asia 2023.

BACA JUGA: Kenapa Pertarungan Timnas Indonesia vs Negeri Sakura Jadi Laga Penentu di dalam Piala Asia 2023?

Laga Penentu

Timnas Indonesia akan menghadapi tantangan seru pada waktu berduel dengan Negeri Matahari Terbit di pertandingan penentu dalam Grup D Piala Asia 2023 pada Rabu (24/1/2024). Kenapa disebut laga penentu?

Pertandingan ini menawarkan sebuah drama menarik yang tersebut kemungkinan besar menjadi penentu bagi nasib kedua tim.

Jepang sebelumnya dianggap sebagai kelompok yang dimaksud tidak ada akan kesulitan dalam Grup D Piala Asia 2023 sama-sama Vietnam dan juga Irak.

Namun, pasca meraih kemenangan 4-2 melawan Vietnam, Samurai Biru harus menelan kekalahan 1-2 melawan Irak, menimbulkan mereka berada dalam sikap kedua klasemen.

Posisi ini memberikan tekanan pada Jepang, yang tersebut saat ini tertinggal tiga poin pada belakang Irak yang digunakan menduduki puncak klasemen setelahnya menang melawan Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia sendiri mengalami kekalahan 1-3 dari Irak dan juga meraih kemenangan satu gol tanpa balas berhadapan dengan Vietnam.

Saat ini, mereka itu berada di area sikap ketiga dengan jumlah agregat poin yang dimaksud mirip dengan Jepang, yaitu tiga poin.

Meskipun Timnas Indonesia harus menang untuk merebut sikap runner-up, kekalahan atau hasil imbang tidaklah akan menyebabkan mereka itu segera tersingkir.

Mereka masih miliki potensi untuk melaju ke 16 Besar, namun harus bersaing dari sikap peringkat ketiga terbaik.

Meski kualitas kedua pasukan terlihat berbeda di area berhadapan dengan kertas, namun prospek keduanya menuju 16 Besar Piala Asia 2023 terbuka lebar. Kompetisi terakhir Grup D Piala Asia 2023 ini menjadi sorotan utama dikarenakan memiliki prospek menentukan nasib kedua tim.

Sumber : Suara.com