Bisnis  

Maybank Rekomendasikan Saham GOTO, Cek Target Harganya

Maybank Rekomendasikan Saham GOTO, Cek Target Harganya

Melex.id –

Jakarta Maybank Sekuritas Indonesia memasukkan saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) sebagai salah satu saham pilihan dalam jangka panjang. Rekomendasi ini seiring dengan komitmen perusahaan terhadap lingkungan, sosial, juga tata kelola atau ESG (environmental, social, governance).

Dalam riset terbaru 15 November, Maybank memberikan rekomendasi beli dengan target nilai (target price/TP) Rp 110/saham dalam 12 bulan ke depan. Level ini naik 36% dari tarif saham GOTO pada penutupan perdagangan 14 November 2023 pada dalam Rp 81. Target biaya ini pun sebanding dengan target dalam riset sebelumnya.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), dalam sepekan terakhir perdagangan, saham GOTO melejit 14,67% dalam area Rp 86/saham per 16 November. Sementara dalam satu bulan saham, induk perniagaan Gojek, Tokopedia, GoTo Financial (GTF), juga GoTo Logistics melesat 34% dengan kapitalisasi pasar (market cap) Rp 103 triliun, atau kembali ke posisi saham big cap.

Analis riset Maybank Sekuritas, Etta Rusdiana Putra, mengatakan total skor ESG GOTO mencapai 58, di dalam area atas skor rata-rata standar Maybank Investment Bank Group (MIBG)-ESG Sustainability Research, yakni 50.

Skor ini diperoleh dari tiga perhitungan yakni kuantitas (bobot penilaian 50%) skornya 33, kualitas (bobot 25%) skornya 67, dan juga juga parameter target (bobot 25%) skornya 100.

Riset Maybank Sekuritas Indonesia (Dok Goto)Foto: Riset Maybank Sekuritas Indonesia

 

Menurut Etta, GOTO mencatat kenaikan emisi dalam Scope 1, 2, juga 3 dalam parameter penilaian kuantitas. Meski demikian GOTO mempunyai komitmen menjadi perusahaan yang mana dimaksud tambahan ramah lingkungan, melalui tiga nol (three zero) yakni nol emisi, nol sampah, lalu nol hambatan yang dimaksud terimplementasi hingga 2030.

“Kami mempertahankan rekomendasi beli dengan target biaya jual Rp 110 berdasarkan valuasi SOTP [sum-of-the-parts] yang mana hal itu diperoleh dari penilaian EV/sales. Target nilai tukar kami menyiratkan 1 kali P/BV [price to book value] estimasi full year 2025,” tulis Etta, dalam riset terbaru, dikutip Jumat (17/11/2023).

SOTP merupakan proses menghitung valuasi emiten di tempat dalam Bursa dengan menentukan seberapa nilai agregat divisinya.

Beberapa penilaian dalam kategori kuantitas yakni intensitas penurunan emisi, konsumsi energi, berapa persen kendaraan rendah karbon, pengelolaan sampah, persentase pekerja perempuan dalam perusahaan serta manajemen. Selain itu penilaian juga dari sisi jumlah total agregat merchant UMKM, kepuasan pelanggan, lalu komitmen privasi serta data pelanggan.

Riset Maybank Sekuritas Indonesia (Dok Goto)Foto: Riset Maybank Sekuritas Indonesia

Untuk kualitatif, beberapa penilaian pada antaranya tersedianya komite ESG, adanya gugus tugas ESG serta perubahan iklim, mekanisme pencatatan emisi, strategi utama mitigasi karbon, kemudian pengelolaan limbah.

Menurut Etta, skor kualitatif GOTO sebesar 67 mencerminkan kebijakan ESG yang tersebut digunakan baik, dengan membentuk fungsi keberlanjutan dalam tempat bawah Direktur Unit Bisnis, mulai dari Bisnis On-Demand Services (Gojek), E-Commerce (Tokopedia), serta juga Fintech (GTF).

GOTO juga dinilai mampu menerapkan strategi ESG yang mana digunakan baik, seperti meluncurkan kendaraan listrik roda dua untuk menggalang target nol emisi pada 2030, menggunakan karton bekas pada gudang, lalu juga menawarkan program literasi keuangan kepada para pengemudinya. GOTO juga sudah mulai menggunakan motor listrik untuk mencapai target nol emisinya.

“GOTO adalah perusahaan teknologi paling terintegrasi di area area Indonesia. Driver GOTO memakai kendaraan dengan ICE/internal combustion engine [mesin pembakaran dalam]. Beralih ke kendaraan listrik akan menaikkan skor ESG GOTO. Perusahaan juga sudah memperkenalkan motor listrik,” tulis Etta.

Sementara itu, skor GOTO untuk kategori kualitatif ini sebesar 33, akibat beberapa alasan. Pertama, peningkatan emisi dalam Scope 1 juga Scope 2 seiring dengan peningkatan operasional pasca-Covid-19. Kedua, ruang untuk peningkatan standar keselamatan karyawan (potensi cedera terkait pekerjaan yang tersebut mana lebih lanjut lanjut tinggi. Ketiga, kompensasi manajemen kunci yang dimaksud dimaksud lebih besar tinggi tinggi terkait dengan GTV.

Namun dalam pandangan Maybank, tulis Etta, GOTO sudah pernah dijalankan menetapkan target yang baik untuk menjadi perusahaan yang dimaksud mana lebih besar lanjut ramah lingkungan sebab mencatatkan skor keseluruhan sebesar 58, berdasarkan MIBG-ESG. “Kami yakin GOTO dapat tambahan meningkatkan skornya dengan meningkatkan pengungkapannya juga juga terus menerapkan strategi ESG yang dimaksud digunakan sudah pernah diadopsi. Kami mempertahankan rekomendasi beli saham GOTO.”

Artikel Selanjutnya Pendapatan GOTO Naik 102%, Rugi Turun Jadi Rp 7,2 T

Sumber : CNBC