Berita  

Mengabdi Sebagai PNS Selama 30 Tahun, Jadi Hal yang dimaksud Meringankan Rafael Alun

Mengabdi Sebagai PNS Selama 30 Tahun, Jadi Hal yang tersebut dimaksud Meringankan Rafael Alun

Berita Terkini Hari IniMelex.id Mantan pejabat pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Tirsambodo, terdakwa korupsi dalam bentuk gratifikasi dan juga aktivitas pidana pencucian uang, divonis penjara selama 14 tahun.

Putusan itu dibacakan Majelis Hakim pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Awal Minggu (8/1/2024).

Dalam pertimbangannya, Hakim mengatakan Rafael yang dimaksud bekerja selama 30 tahun sebagai pegawai negeri sipil menjadi hal yang digunakan meringankan.

“Terdakwa telah dilakukan bekerja pada negara sebagai pegawai negeri selama lebih tinggi dari 30 tahun. Terdakwa miliki tanggungan keluarga. Terdakwa belum pernah dihukum,” kata Hakim.

Sementara hal yang memberatkannya, perbuatan Rafael yang tersebut melakukan aktivitas pidana korupsi dinilai tidak ada menggalang kegiatan pemerintah.

“Terdakwa tak membantu acara pemerintah di pemberantasan korupsi,” kata Hakim.

Selain dijatuhi hukuman 14 tahun penjara, Rafael juga harus membayar denda Rupiah 500 juta, subsider tiga bulan kurungan.

Kemudian membayar uang pengganti sekitar Mata Uang Rupiah 10 miliar, apabila pada satu bulan tidaklah dibayar, maka harta bendanya disita untuk dilelang, atau diganti dengan 3 tahun penjara.

Vonis yang digunakan dijatuhkan hakim, seseuai dengan tuntutan Jaksa Komisi Pemberentasan Korupsi (KPK) yang mana memohon agar Rafael Alun divonis 14 tahun penjara.

Sebagaimana diketahui, pada waktu sidang pernada Jaksa KPK mendakwa Rafael menerima gratifikasi Simbol Rupiah 16,6 miliar dengan istrinya, Ernie Meike Torondek. Kemudian didakwa melakukan perbuatan pidana pencucian uang sama-sama Ernie, dengan nilai sekitar Mata Uang Rupiah 100 miliar.

Sumber : Suara.com