Mengenal Arti Red Flag di Sebuah Hubungan lalu Ciri Cirinya

Mengenal Arti Red Flag pada Sebuah Hubungan lalu Ciri Cirinya

Berita Terkini Hari IniMelex.id Jakarta – Istilah red flag pada waktu ini berbagai diperbincangkan kemudian cukup populer digunakan di tempat media sosial. Istilah red flag banyak diartikan sebagai tanda-tanda atau pola yang digunakan menunjukkan suatu hubungan terjalin secara bukan sehat. Lalu sebenarnya, apa itu red flag dalam sebuah hubungan? Bagaimana ciri-cirinya? 

Apa Itu Red Flag di Hubungan?

Dikutip dari verywellmind, red flag pada bahasa Indonesia berarti “bendera merah”. Adapun bendera merah yang mana dimaksud adalah “tanda bahaya” yang tersebut mengindikasikan alasan untuk berhenti pada suatu hubungan. 

Dalam sebuah hubungan, tanda bahaya atau red flag adalah tanda-tanda bahwa seseorang mungkin saja tiada dapat miliki hubungan yang sehat, namun tetap saja melanjutkan hubungan tersebut. Red flag pada hubungan tentu dapat menyebabkan bahaya secara emosional. 

Untuk lebih lanjut jelasnya, berikut adalah ciri-ciri red flag di sebuah hubungan yang dimaksud harus diwaspadai. 

Ciri-Ciri Red Flag di Hubungan

Jika pasangan Anda menunjukkan salah satu tanda bahaya berikut ini, maka telah waktunya Anda mengakhiri hubungan dengan pasangan. Selain memproduksi trauma, pasangan yang dimaksud red flag juga mampu mempengaruhi kemampuan fisik mental. Adapun, ciri-ciri red flag diantaranya yaitu

1. Melakukan Kekerasan

Pasangan yang mana melakukan kekerasan mengindikasikan red flag yang serius. Kekerasan menjadi tanda suatu hubungan di bahaya. 

Hal ini juga menjadi tanda bahwa pasangan belum dapat mengembangkan cara sehat untuk mengalirkan emosi mereka. Segera akhiri hubungan juga minta pertolongan jikalau mengalami hal ini.

2. Berbeda Tujuan pada Menjalin Hubungan

Jika Anda serta pasangan berbeda tujuan pada menjalin hubungan, maka ini menjadi tanda bahwa Anda harus menjauh atau bahkan mengakhiri hubungan. Perbedaan tujuan menjadi salah satu ciri hubungan red flag, sebab ini sangat membahayakan masa depan hubungan Anda. Nantinya, Anda pasti akan rutin berdebat lantaran berbeda tujuan. 

3. Rasa Cemburu serta Ketidakpercayaan yang Berlebihan

Ciri-ciri red flag di suatu hubungan lainnya adalah cemburu kemudian ketidakpercayaan. Sering kali tanda bahaya yang mana satu ini tak terlalu terlihat dari pasangan. 

Namun apabila seiring berjalannya waktu pasangan mulai menunjukkan tanda tersebut, maka cobalah untuk berinteraksi atau menjauh.  

4. Selingkuh

Untuk menjalin hubungan, pasangan perlu saling percaya agar hubungan berhasil. Jika pasangan Anda memiliki riwayat perselingkuhan , maka penting untuk melangkah dengan hati-hati. Bahkan apabila pasangan telah dilakukan menunjukkan perubahan, Anda tetap saja harus waspada. 

5. Posesif

Pasangan yang dimaksud mempunyai sifat posesif menunjukan red flag pada sebuah hubungan. Oleh oleh sebab itu itu, pertimbangkan ulang hubungan Anda, apabila pasangan terlalu mengendalikan diri Anda. 

6. Sering Membicarakan Mantan

Ciri-ciri red flag pada hubungan lainnya adalah pasangan terlalu kerap membicarakan mantan, khususnya ketika pertama kali mulai berkencan dengan seseorang yang tersebut baru. 

Perhatikan pula bahasa yang tersebut digunakan oleh pasangan  ketika membicarakan mantan. Sudut pandang semacam ini dapat mengalihkan tanggung jawab juga menunjukkan kurangnya rasa hormat terhadap orang yang pernah dia sayangi serta cintai.

7. Tidak Punya Teman

Pasangan yang digunakan tak punya teman juga menjadi tanda red flag. Hal ini menjadi tanda bahwa pasangan Anda kesulitan memulai pembangunan juga menjaga hubungan. 

Ini bisa saja mengindikasikan bahwa Anda juga akan kesulitan berhubungan dengannya. Apabila ingin hubungan tambahan sehat, cobalah untuk memahami mengapa pasangan Anda kesulitan memulai pembangunan hubungan dengan orang lain. 

8. Kurang Kedekatan Emosional

Salah satu bagian terbaik pada suatu hubungan adalah mempunyai kedekatan emosional. Bagi beberapa orang, kedekatan emosional sebenarnya sulit dilakukan, tetapi setiap saat menjadi tujuan. 

Pasangan yang mana tidak ada mau menunjukkan minat untuk membuka diri juga membentuk ikatan berarti termasuk hubungan red flag. 

9. Gaslighting

Gaslighting adalah ketika seseorang menyatakan atau melakukan hal-hal untuk menyebabkan Anda meragukan diri sendiri. 

Mereka kemungkinan besar berbohong, mengungkapkan Anda pelupa, menuduh Anda berlebihan, kemudian menggunakan taktik manipulatif lainnya untuk menghasilkan Anda terlihat serta merasa gila secara mental. Tujuan dari gaslighting ini adalah pengendalian dan juga termasuk ciri-ciri red flag yang harus diwaspadai. 

RIZKI DEWI AYU

Pilihan Editor: Akrab dalam Kalangan Gen Z Istilah Red Flag, Green Flag, juga Beige Flag, Begini Artinya