Menkominfo ke XL kemudian Smartfren: 3 Operator Seluler Cukup!

Menkominfo ke XL kemudian Smartfren: 3 Operator Seluler Cukup!

Jakarta – Kabar mengenai merger XL Axiata juga Smartfren makin santer terdengar. Bahkan Menteri Komunikasi juga Informatika (Menkominfo) Budi Arie sudah ada memberikan restunya.

Menurut Budi Arie, adanya merger memproduksi lapangan usaha telekomunikasi di dalam Negara Indonesia lebih besar segar kemudian efisien.

“Iya (merestui), lebih tinggi baik kemudian tambahan efisien. Tiga kan cukup,” kata beliau ketika ditemui media di usai kunjungan ke Apple Developer Academy BSD, Selasa (26/3/2024).

Masalah merger ini, pemerintah tidaklah akan sejumlah mengambil bagian campur. Semua permasalahan yang dimaksud menyangkut usaha akan diserahkan penuh terhadap tiap-tiap perusahaan.

Termasuk kebijakan teknis yang digunakan diambil, sebab menurutnya hal yang dimaksud telah masuk ke ranah B2B antar korporasi.

“Udah biar aja mereka. Kalau┬ákita kan cuma ‘ah lu udah merger aja udah’,” kata dia

“Caranya gimana, harganya berapa, ini siapa dan juga bagaimana. Udah urusan mereka,” sambungnya.

Ia mengaku telah diberi tahu mengenai merger ini, namun Budi meminta-minta untuk menanti lalu jangan berspekulasi permasalahan tersebut.

“Belum tunggu aja, jangan perkiraan begitu. Tunggu aja, nanti saya mau rapatin. Udah, Udah dikasih tau,” tegasnya.

Saat ini, Indonesia memiliki empat operator. Yakni ada Telkomsel, XL Axiata, Smartfren, lalu Indosat Ooredoo Hutchison yang mana merupakan hasil merger Indosat kemudian Tri.

Dalam kesempatan yang tersebut berbeda, Budi menyokong Smartfren untuk merger. Tidak belaka dengan XL, aksi korporasi itu juga dapat dijalankan dengan operator lainnya.

“Selain opsi merger dengan XL, mampu juga Smartfren merger dengan operator lainnya baik Indosat maupun Telkomsel. Yang terpenting konsolidasi berubah menjadi 3 operator terwujud,” jelas Budi Arie pada waktu itu.

Artikel Selanjutnya Menkominfo Budi Arie: Pusat Angka Nasional Kelar Oktober 2024

Artikel ini disadur dari Menkominfo ke XL dan Smartfren: 3 Operator Seluler Cukup!