Berita  

MKMK Permanen Dibentuk, Hakim Konstitusi yang mana Paling Baru Dilantik Jadi Anggotanya

MKMK Permanen Dibentuk, Hakim Konstitusi yang dimaksud mana Paling Baru Dilantik Jadi Anggotanya

Berita Terbaru Hari IniMelex.id Mahkamah Konstitusi (MK) membentuk Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) secara permanen. Untuk keanggotaan MKMK ketika ini terdiri dari tiga orang.

Tiga orang anggota MKMK yang mana telah ditetapkan, yakni mantan rektor Universitas Andalas Yuliandri, mantan Hakim Konstitusi I Dewa Gede Palguna dari unsur tokoh masyarakat, juga Hakim Konstitusi berpartisipasi yang dimaksud baru dilantik Ridwan Mansyur.

Juru Bicara Hakim Konstitusi Enny Nurbaningsih menjelaskan, ketiganya dilantik pada 8 Januari 2024 mendatang.

“Jadi, itu tiga keanggotaan MKMK yang mana InsyaAllah pada tanggal 8 januari akan dilantik untuk masa jabatan selama satu tahun,” kata Enny dalam Gedung MK, Ibukota Pusat, Rabu (20/12/2023).

Menurutnya, pemilihan tiga anggota MKMK itu diadakan oleh Hakim Konstitusi secara aklamasi.

Adapun alasan MK baru menetapkan MKMK permanen ketika ini ialah mengantisipasi inovasi pada revisi undang-undang MK.

“Ketika menanti itu, ternyata undang-undang MK tak dilanjutkan sehingga kami menggunakan tetap memperlihatkan UU yang dimaksud lama, UU 7/2020 sehingga keanggotaannya masih tiga orang dengan masa jabatan yang dimaksud akan ditentukan di tempat di PMK,” ujar Enny.

Dengan begitu, ketiga anggota MKMK ini nantinya akan menyempurnakan Peraturan MK berkaitan dengan hukum acara, termasuk perihal kelembagaan MKMK.

Sumber : Suara.com