Mobil Xiaomi Muncul di Toko Apple China, Segini Harganya

Mobil Xiaomi Muncul di dalam Toko Apple China, Segini Harganya

Jakarta – direktur utama Xiaomi Lei Jun mengumbar ambisinya untuk mobil listrik pertama sang pabrikan China. Ia mengutarakan mobil Xiaomi SU7 akan jadi kendaraan dengan “penampilan terbaik, paling enteng dikendarai, serta paling pintar,” untuk kisaran nilai tukar ke bawah 500.000 yuan atau Mata Uang Rupiah 1 miliar.

Xiaomi mengemukakan akan mulai membuka pemesanan (order) pada Kamis pekan ini. Xiaomi juga sudah ada meluncurkan perangkat lunak ‘Xiaomi Car’ pada toko program Apple App Store dalam China, disitir dari Reuters, Awal Minggu (25/3/2024).

Penamaan SU7 sendiri merupakan singkatan dari ‘Speed Ultra 7’. Lei Jun untuk pertama kalinya mengumbar kisarah tarif mobil listrik pertamanya melalui akun Weibo personal.

Antusias rakyat China terhadap diperkenalkan Xiaomi SU7 telah membludak sejak kendaraan itu dipamerkan pada Desember lalu. Xiaomi berambisi untuk masuk jejeran ‘Top 5’ pabrikan mobil listrik otomatis terbesar ke dunia.

Lei bahkan mengemukakan teknologi yang digunakan ditawarkan Xiaomi SU7 lebih banyak baik ketimbang mobil Tesla serta Porsche.

Toko Xiaomi pada China mulai memampang mobil SU7 pada awal pekan ini. Para influencer sudah ada mengantre untuk meninjau secara dekat mobil dengan varian warna ‘ocean blue’.

Xiaomi SU7 akan hadir pada dua versi. Pertama mampu dikendarai hingga 668km di satu kali pengisian daya. Sementara versi lainnya mampu mencapai jarak 800km.

Sebagai perbandingan, Model S dari Tesla belaka mampu mencapai jarak maksimum 650km pada satu kali pengisian daya.

Xiaomi mulai memantapkan rencananya untuk menambah portofolio produk, ke sedang stagnansi usaha smartphone sejak 2021 silam. Xiaomi menggandeng beberapa pabrikan otomotif untuk mengembangkan SU7, juga perusahaan telekomunikasi Huawei serta mesin pencari Baidu.

Xiaomi sudah berikrar berinvestasi senilai US$ 10 miliar selama satu dekade terakhir untuk pengembangan barang otomotif. Mobil listriknya diproduksi oleh BAIC Group dalam Beijing dengan sarana pabrik berkapasitas 200.000 kendaraan per tahun.

Artikel Selanjutnya Pencipta Apple Kena Stroke di Meksiko

Artikel ini disadur dari Mobil Xiaomi Muncul di Toko Apple China, Segini Harganya