Netizen Paling Sering Buka Program Ini adalah di Bulan Puasa, Cek Datanya

Netizen Paling Sering Buka Rencana Hal ini adalah di Bulan Puasa, Cek Datanya

Jakarta – Terlihat tren peningkatan yang dimaksud signifikan pada pola konsumsi digital umat Muslim selama Ramadan 2024. Hal yang dimaksud diungkap oleh Populix melalui studi bertajuk “Ramadan 2024: Connectivity, Media Massa Consumption, and Delivery Dynamic”.

Dalam laporan yang disebutkan mereka memproyeksikan terbentuk peningkatan konsumsi layanan seluler sebesar tambahan dari 40%, teristimewa untuk layanan berbasis internet seperti panggilan, pengiriman pesan, kemudian penyelenggaraan data.

“Melalui studi yang tersebut kami lakukan, pada bulan Ramadan ini terlihat lonjakan penyelenggaraan data internet untuk menciptakan panggilan, mengirim pesan, juga mengakses bervariasi konten digital,” kata Head of Research Populix Indah Tanip, di keterang tercatat yang mana diterima CNBC Indonesia, Hari Senin (25/3/2024).

Survei menunjukkan bahwa komunitas memilih layanan voice call juga video call dibandingkan teleconference untuk mengomunikasikan kemudian terhubung dengan khalayak lain.

Namun, dia merasa terganggu dengan dua kesulitan konektivitas yang dimaksud banyak dihadapi di bulan Ramadan, yaitu kualitas sinyal yang buruk kemudian kecepatan internet yang tersebut lambat.

Sebanyak 3 dari 4 responden menyatakan secara rutin merekan mengakses konten media selama Ramadan, khususnya pada media sosial serta media streaming video YouTube, sementara televisi serta layanan video-on-demand kurang diminati.

Responden cenderung memilih media sosial lalu wadah streaming video YouTube sebab aksesibilitasnya juga ragam konten yang digunakan relevan dengan mereka.

“Layanan streaming video bahkan juga disukai dikarenakan penyajian informasi yang tersebut jelas lalu efektivitasnya di menyederhanakan topik-topik yang tersebut kompleks. Di sisi lain, media sosial menawarkan hiburan yang digunakan menyesuaikan dengan beragam minat,” jelasnya.

Dalam laporan juga terlihat ada 4 jenis konten yang paling sejumlah diakses oleh umat Muslim, yaitu informasi terkait jadwal ibadah selama bulan puasa, konten hiburan, resep masakan, dan juga inisiatif kuliner untuk sahur lalu mengakses puasa.

Sebanyak 42% responden mengonsumsi konten-konten yang dimaksud sebelum jam berbuka puasa, yang menunjukkan kecenderungan mereka menggunakan media untuk menghabiskan waktu sambil menanti waktu Maghrib atau pada pada waktu ngabuburit.

Selain mengakses konten, mayoritas responden (81%) juga mengungkapkan keinginan untuk berbagi aktivitas merekan selama bulan Ramadan, teristimewa ketika berbuka puasa. Instagram juga WhatsApp bermetamorfosis menjadi sebagai jaringan yang tersebut paling banyak dipilih untuk berbagi dengan hampir 60% responden akan berlangganan paket spesial edisi Ramadan, sebab dia merasa paket yang dimaksud ditawarkan lebih tinggi sesuai dengan permintaan mereka.

Layanan Pengiriman Barang Selama Ramadan

Selain itu, dukungan teknologi digital pada hal pengiriman barang juga melonjak, khususnya bagi konsumen yang membeli sahur kemudian berbuka puasa.

Sebanyak 3 dari 4 umat Muslim menyatakan bahwa dia menggunakan layanan pengiriman selama Ramadan dengan 42% dalam antaranya menyatakan akan tambahan banyak menggunakan layanan pengiriman dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Secara khusus, layanan pengiriman dimanfaatkan untuk membeli makanan dan juga minuman sebanyak 2-3 kali seminggu, baik untuk sahur maupun berbuka puasa.

“Peningkatan pembelian makanan dan juga minuman ini memperlihatkan preferensi konsumen terhadap kenyamanan serta efisiensi di hal mempersiapkan hidangan makanan selama bulan puasa,” kata Indah.

Selain itu, layanan pengiriman juga sejumlah digunakan untuk membeli pakaian, barang permintaan sehari-hari, hampers dan juga kartu Lebaran, juga dokumen atau surat.

Namun demikian, sekitar 70% pengguna layanan pengiriman mengatakan, bulan Ramadan seringkali mempengaruhi pengalaman pengiriman dia dengan sebagian besar merasakan waktu pengiriman yang tersebut tambahan lama dibandingkan dengan bulan lainnya.

“Meskipun terdapat perbedaan pengalaman yang dimaksud dirasakan pengguna ini, 58% pengguna terus merasa puas terhadap layanan pengiriman selama Ramadan.” pungkasnya.


Artikel ini disadur dari Netizen Paling Sering Buka Aplikasi Ini di Bulan Puasa, Cek Datanya