Bisnis  

Pasar Lokal Suara UMKM: Mereka Punya Produk tapi Tidak Tahu Jualnya Bagaimana

Pasar Lokal Suara UMKM: Mereka Punya Produk tapi Tidak Tahu Jualnya Bagaimana

Melex.id – Program Pasar Lokal Suara UMKM VOL. 3 yang diselenggarakan Suara.com telah lama menghasilkan 3 pemenang dari 10 besar pengirim Proposal Bisnis Pasar Lokal Suara UMKM yang digunakan diumumkan pada hari ini Jumat (10/11/2023).

3 pemenang yang adalah Sofyani Mirah dari CV Cariza Khansa Pratama, Teuku Reggi Fahran dari Chewy Ball juga Hanum Wahyu Wibisiono dari CV Khaira Buana Mas. Para pemenang sendiri berhasil membawa pulang uang tunai masing-masing Rp10 juta.

Pemimpin Redaksi Suara.com Suwarjono foto bersama dengan tiga UMKM dengan proposal bidang usaha terbaik Kompetisi Proposal Bisnis Pasar Lokal Suara UMKM Volume 3 pada Kantor Suara.com, Jalan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (10/11/2023). [Suara.com/Ramadhani Ari Nugroho]
Pemimpin Redaksi Suara.com Suwarjono foto bersama dengan tiga UMKM dengan proposal industri terbaik Kompetisi Proposal Bisnis Pasar Lokal Suara UMKM Volume 3 di dalam Kantor Suara.com, Jalan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (10/11/2023). [Suara.com/Ramadhani Ari Nugroho]

Salah satu Dewan Juri pada program yang sekaligus Co-Founder juga CEO Teman Startup Leivino Krisdeni mengucapkan selamat kepada para pemenang terpilih pada edisi kali ini. Menurut dia untuk menentukan sanga juara sangat sulit dan juga ketat.

“Dari dasar penilaian kita seperti kesiapan, strategi juga kemudian seberapa sangat jauh merekan mengerti apa yang mana mereka lakukan,” kata pria yang digunakan akrab dipanggil Lei ini.

Menurut dia tantangan yang digunakan para UMKM hadapi ini sangat beragam tapi yang mana paling sering ditemui dari para peserta adalah merekan tidak ada tahun bagaimana cara merekan untuk memasarkan produk-produk yang mereka itu buat.

“Mostly, mungkin merekan ada hasil tapi merekan bukan tahu bagaimana untuk memasarkannya,” katanya.

Untuk itu dengan adanya program ini diharapkan para peserta bisa jadi mendapatkan solusi atas kendala yang mana mereka hadapkan. “Dengan acara ini tentu sangat membantu para peserta untuk lebih besar mengembangnkan kegiatan bisnis mereka,” katanya.

Sementara itu Chief Technology Officer Shinta PR, Andrew Steven Puika mengatakan sebagai pelaku usaha terutama kalangan UMKM berproses adalah sebuah keharusan.

“Yang penting semangat serta merek berusaha untuk sekreatif mungkin,” kata Andrew.

Lagi-lagi kata Andrew tantangan para pelaku usaha UMKM ini adalah tantangan pemasaran yang memang terbatas sehingga menyulitkan untuk next level.

“Mungkin pemasaran yang dimaksud terbatas, lingkungan mereka mungkin lingkungan sekitar saja. Nah biasanya ini adalah kendala yang paling sering dijumpai,” katanya.

Dirinya memohonkan kepada peserta untuk lebih besar berani lagi untuk grow up ke level selanjutnya untuk menjangkau pasar yang dimaksud lebih banyak luas.

Sedangkan Head of Entrepreneur Experince dari Endevor Indonesia, Syifa Zakia menambahkan bahwa acara ini telah terjadi memberi inspierasi bagi dirinya oleh sebab itu dipertemukan dengan berbagai macama peserta yang digunakan unik yang ingin berkembang dalam melakukan usaha UMKM mereka.

“Saya lebih banyak melihat lebih lanjut kagum juga terinpirasi dari semangat teman-teman melihat oportunity yang digunakan ada, mau dia dibidang fashion ataupun makanan,” kata Syifa.

Dia bilang UMKM menjadi salah satu motor penggerak utama ekonomi nasional dengan pasar yang dimaksud sangat luas lalu besar, sehingga tak mampu dipungkiri UMKM adalah penyelamat ekonomi.

“Program ini sangat bagus, mampu ketemu dengan para pelaku perniagaan lainnya dan juga saling berjejaring sehingga segala macam kendala ada solusinya,” ujarnya.

Sumber : Suara.com