Peneliti Hitung Kesempatan Bumi Disedot Lubang Hitam

Peneliti Hitung Kesempatan Bumi Disedot Lubang Hitam

Jakarta – Lubang hitam atau black hole adalah wilayah luar angkasa yang dimaksud gravitasinya sangat ekstrem sehingga tidak ada ada apa pun di sekitarnya.

Lalu, apakah ada kemungkinan planet Bumi akan ditarik ke pada lubang hitam?

Para ahli mengatakan, bukan ada kemungkinan Bumi bertabrakan dengan lubang hitam di waktu sekitar lima miliar tahun.

Menurut Doug Gobielle profesor di dalam departemen fisika University of Rhode Island, penghadapan black hole dengan tata surya hampir tak mungkin.

“Kita pun tidak ada perlu khawatir, seperti halnya kita tiada mengkhawatirkan bintang yang mana melintasi tata surya,” ucapannya diambil dari Newsweek, Kamis (21/3/2024).

Sementara itu, menurut Jonathan Zrake selaku asisten profesor fisika lalu astronomi di Clemson University, meskipun ada sejumlah sekali bintang dalam galaksi kita, pertarungan acak di antara mereka sangat jarang berlangsung oleh sebab itu jarak antar objek yang mana sangat berjauhan kemudian luas.

“Sama seperti kita pada umumnya tiada mengkhawatirkan bintang-bintang yang tersebut melintasi tata surya, hal ini juga dapat diperluas ke semua objek di galaksi,” kata Zrake.

Menurut para ahli, lubang hitam terdekat dengan tata surya kita terlalu sangat untuk mengakibatkan dampak apa pun pada tata surya.

Misalnya, V616 Monocerotis (V616 Mon) yang mana dianggap sebagai salah satu lubang hitam terdekat dengan tata surya kita dengan jarak lebih banyak dari 3.000 tahun cahaya.

“Pada jaraknya dari Bumi, kita hanya saja akan menyadarinya dengan mengamati secara langsung ke sistem dengan alat observasi. Dampaknya terhadap Bumi akan bermetamorfosis menjadi nol,” kata Gobielle menjelaskan.

Lubang hitam hadir pada dua kelas ukuran yakni bintang dan juga supermasif. Untuk lubang hitam bintang cenderung miliki massa beberapa kali lebih banyak besar dari matahari kita. Sebaliknya, lubang hitam supermasif dapat mempunyai massa yang mana berkisar antara jutaan hingga miliaran massa matahari.

Lubang hitam bermassa bintang, seperti V616 Mon, terbentuk dari sisa-sisa bintang masif yang digunakan tertutup di ledakan kosmik dahsyat supernova. Salah satu bintang terdekat dapat membentuk lubang hitam adalah Betelgeuse, bintang paling terang kedua ke konstelasi Orion.

Menurut Zrake, Betelgeuse mendekati akhir masanya lalu kemungkinan akan memunculkan supernova sekitar 10.000 tahun mendatang. Tapi bintang ini terletak sekitar 500 tahun cahaya juga apabila memang sebenarnya menciptakan lubang hitam, maka tiada akan ada dampaknya terhadap Bumi.

Artikel Selanjutnya Keinginan Elon Musk Jajah Mars Makan Korban Sebanyak Hal ini

Artikel ini disadur dari Peneliti Hitung Peluang Bumi Disedot Lubang Hitam