Penjualan Apple Watch Series 9 juga Watch Ultra 2 Dihentikan, Padahal Baru 3 Siklus Dirilis

Penjualan Apple Watch Series 9 juga Watch Ultra 2 Dihentikan, Padahal Baru 3 Siklus Dirilis

Berita Teknologi Hari IniMelex.id Apple resmi menghentikan perdagangan dua smartwatch alias jam tangan pintar terbarunya di tempat Amerika Serikat. Gadget itu adalah Apple Watch Series 9 juga Apple Watch Ultra 2, yang digunakan baru diresmikan September lalu.

Dihentikannya jualan dua smartwatch baru ini terjadi lantaran adanya perkara pelanggaran paten antara Apple dengan perusahaan teknologi medis bernama Masimo.

Adapun dugaan pelanggaran hak paten itu yakni persoalan teknologi sensor oksigen darah yang dimaksud tertanam dalam jam tangan pintar Apple tersebut, disitir dari Tech Times, Rabu (20/12/2023).

Rincinya, Apple Watch 9 juga Apple Watch Ultra 2 akan dihapus dari katalog perdagangan online dalam situs perusahaan pada 21 Desember 2023 pukul 15.00 waktu setempat.

Sementara untuk pemasaran offline, dua jam tangan ini akan dihapus dari toko ritel pasca tanggal 24 Desember 2023.

Keputusan ini pun sudah ada disahkan Komisi Perdagangan Internasional alias International Trade Commission (ITC) sejak Oktober lalu.

Apple Watch S9. [Apple]
Apple Watch S9. [Apple]

Namun pembatasan ini semata-mata berlaku untuk Apple Watch Series 9 kemudian Apple Watch 2 Ultra sebab miliki teknologi sensor oksigen darah. Jam yang bukan punya layanan tersebut, seperti Apple Watch SE, masih diperbolehkan dijual.

Meski ITC melarang jualan dua Apple Watch itu dari situs resmi perusahaan, kedua perangkat masih sanggup dibeli konsumen lewat pihak ketiga seperti Amazon dan juga Best Buy.

Di sisi lain Apple kelihatannya tak terima dengan tindakan ITC. Perusahaan dengan syarat Cupertino itu mengaku sedang menyelidiki baik dari segi hukum maupun teknologi perihal kebijakan itu.

Bahkan Apple juga mempertimbangkan banding berhadapan dengan perintah ITC itu demi mempertahankan ketersediaan produk-produk Apple Watch.

“Tim Apple bekerja tanpa kenal lelah untuk menciptakan komoditas dan juga layanan yang tersebut memberdayakan pengguna dengan ciri kesehatan, kebugaran, juga keselamatan terdepan di area industri,” kata Apple.

“Apple sangat bukan setuju dengan perintah yang dimaksud juga sedang melakukan kumpulan opsi hukum juga teknis untuk memverifikasi bahwa Apple Watch tersedia bagi pelanggan,” lanjut mereka.

Sengketa Apple vs Masimo
Diketahui sengketa paten Apple dan juga Masimo ini diduga bermula pada waktu keduanya hendak menjalin kolaborasi sejak 2013 lalu.

Masimo menuduh Apple memanfaatkan diskusi ini untuk mengidentifikasi serta merekrut pekerja mereka, termasuk kepala petugas medisnya. Dengan begitu Apple bisa jadi mengembangkan teknologi sensor oksigen pada darah.

Konflik makin pecah tatkala Apple Watch Series 6 dirilis dengan teknologi sensor oksigen pada darah yang tersebut dirilis tahun 2020 lalu.

Masimo pun menggugat Apple ke pengadilan negeri dalam AS. Namun dikarenakan langkah hukum dianggap lambat, mereka itu lalu mengajukan gugatan mirip ke ITC.

Meski sidang itu sempat dibatalkan pada Mei kemarin, ITC kemudian menyetujui gugatan Masimo pada Oktober 2023.

Sumber : Suara.com