Berita  

Penumpang Kereta Cek Tiket Anda, Ini adalah Jalur Rawan Bencana yang Diwaspadai PT KAI

Penumpang Kereta Cek Tiket Anda, Ini adalah adalah Jalur Rawan Bencana yang tersebut Diwaspadai PT KAI

Berita Terkini Hari IniMelex.id PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 6 Yogyakarta melakukan langkah pencegahan terhadap gangguan perjalanan kereta api yang dimaksud dapat disebabkan oleh prospek bencana alam di dalam sepanjang jalur rel.

Krisbiyantoro, Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta, menyampaikan bahwa langkah-langkah antisipatif dilaksanakan dengan menetapkan wilayah penanganan khusus yang dimaksud berpotensi mengalami bencana, seperti banjir juga tanah longsor.

“Antisipasi yang mana dijalankan KAI Daop 6 Yogyakarta adalah menciptakan drainase agar aliran air di area kanan kiri jalur mengalir lancar ke sungai. Dalam hal ini, kami juga bekerja serupa dengan BMKG setiap hari untuk mendapatkan informasi tentang cuaca atau iklim,” kata dia, Akhir Pekan (7/1/2024).

Ia menuturkan, jalur KA Daop 6 yang ditetapkan sebagai area penanganan khusus berada di dalam lintas utara, yakni di dalam sekitar Narasumber Lawang hingga Kaliyoso, Sragen, Jawa Tengah.

“Jalur-jalur yang disebutkan kategorinya adalah banjir dan juga tanah ambles,” kata dia, dikutipkan dari Antara.

Dengan ditetapkan sebagai area penanganan khusus lantaran mempunyai kontur tanah yang tersebut labil serta rawan banjir, menurut dia, petugas KAI selalu melakukan pengecekan secara rutin di dalam kawasan itu.

Sesuai dengan prosedur tetap saja ketika terjadi hujan selama 2 jam terus-menerus, kata Krisbiyantoro, petugas KAI wajib memeriksa dalam sepanjang jalur tersebut, baik titik aliran air maupun track dengan kategori tanahnya labil.

Saat ditemukan kejanggalan untuk perjalanan kereta api, lanjut dia, dengan segera ditetapkan perjalanannya dibatasi.

“Maksimal seperti orang berjalan kaki atau 5 kilometer per jam. Itu awal tahap untuk penyelamatan kereta api,” ujar dia.

Sumber : Suara.com