Perasaan Asnawi Mangkualam Ketika Ditunjuk Jadi Algojo Penalti di area Laga Vietnam vs Timnas Indonesia

Perasaan Asnawi Mangkualam Ketika Ditunjuk Jadi Algojo Penalti di tempat area Laga Vietnam vs Timnas Indonesia

Berita Bola Hari IniMelex.id Kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam membeberkan perasaannya ketika menjadi eksekutor tendangan penalti yang tersebut berbuah gol tunggal bagi Skuad Garuda pada waktu menghadapi Vietnam, Hari Jumat (19/1/2024).

Bek timnas itu menuturkan bahwa ia pasrah dengan langkah pembimbing Shin Tae-yong yang dimaksud memintanya menjadi penendang bola, serta bersyukur bisa saja menuntaskan tugasnya dengan gemilang.

Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam merayakan golnya ke gawang Vietnam pada laga Piala Asia 2023 di tempat Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, hari terakhir pekan (19/1/2024) waktu malam WIB. [K JAAFAR / AFP]
Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam merayakan golnya ke gawang Vietnam pada laga Piala Asia 2023 dalam Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, hari terakhir pekan (19/1/2024) waktu malam WIB. [K JAAFAR / AFP]

Baca Juga: Hasil Piala Asia 2023: Bungkam Vietnam, Timnas Indonesia Buka Kans ke Babak 16 Besar

“Memang itu instruksi dari pembimbing lalu sudah ada ditentukan,” kata Asnawi usai pertandingan di area Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

“Siapa pun yang dimaksud diberikan tanggung jawab harus siap mengeksekusi dengan baik kemudian bantu pasukan menuju kemenangan. Jadi siapa belaka harus siap,” tegasnya.

Berkat gol pemain klub Jeonnam Dragons (Korea Selatan) tersebut, Indonesia akhirnya mengoleksi satu kemenangan di area fase penyisihan grup Piala Asia 2023 dengan skor satu gol tanpa balas melawan Vietnam.

Indonesia yang tersebut berada dalam Grup D, harus bersaing dengan lawan-lawan berat seperti Irak, Vietnam, lalu Jepang. Skuad asuhan Shin Tae-yong itu tinggal menjalani laga terakhir kontra Negeri Sakura pada Rabu (24/1/2024).

Asnawi mengaku pasrah ketika bertugas menjalankan tendangan penalti. Beruntung sepakannya menyebabkan karet bundar naik dengan cepat masuk ke gawang yang dijaga kiper Vietnam Nguyen Filip pada menit ke-42.

Baca Juga: Disikut Pemain Vietnam, Jordi Amat Tinggalkan Lapangan dengan Hidung Berdarah

“Saya menyerahkan semuanya untuk Tuhan serta alhamdulillah bisa saja mengeksekusi dengan tenang,” jelas Asnawi seperti dimuat ANTARA .

Momen krusial yang disebutkan diselesaikan Asnawi dengan baik. Meski awalnya tegang, namun sebenarnya ia sudah ada menyiapkan mental kemudian teknik jikalau sewaktu-waktu ditunjuk sebagai eksekutor tendangan penalti.

Selama masa pemusatan latihan, ia pun telah melatih serta mempersiapkan segala skenario yang mana akan terjadi di area pertandingan yang tersebut berlangsung pada 12 Januari-10 Februari tersebut.

“Kalau diberikan tanggung jawab yang dimaksud ya harus siap. Saya memang sebenarnya juga sudah ada mempersiapkan di dalam latihan juga,” pungkasnya.

Berkat kemenangan itu, Indonesia memperbesar prospek untuk lolos ke fase 16 besar, sekaligus menjamin nasib Vietnam untuk pulang lebih besar cepat.

Sumber : Suara.com