Piala Asia 2023: Lihat Kondisi Tim Jepang, Hokky Caraka Pede Timnas Indonesia Bisa Imbangi Permainan

Piala Asia 2023: Lihat Kondisi Tim Jepang, Hokky Caraka Pede Timnas Indonesia Bisa Imbangi Permainan

Berita Bola Hari IniMelex.id Striker timnas Indonesia, Hokky Caraka, optimis penampilannya akan meningkat ketika beliau kembali bermain pada pertandingan melawan Jepang, yang mana dijadwalkan berlangsung di dalam Stadion Thumama pada Rabu (24/1), sebagai laga penutup fase grup D Piala Asia 2023.

Hokky memasuki lapangan pada waktu Indonesia menghadapi Vietnam, menggantikan sikap Jordy Amat, Egy Maulana Vikri, juga Rafael William Struick pada menit ke-69 bersatu dengan Rizky Ridho Ramadhani juga Adam Alis Setyano.

“Alhamdulillah kami menang melawan Vietnam. Namun kami harus segera fokus ke laga selanjutnya melawan Jepang. Kami akui Jepun pasukan kuat, namun kami juga optimistis mampu mengimbangi Negeri Sakura apalagi telah meninjau permainan mereka,” tutur Hokky Caraka disitir dari laman PSSI.

BACA JUGA: Piala Asia 2023: Jelang Lawan Jepang, Satu Kabar Baik Hampiri Timnas Indonesia Tentang Ramadhan Sananta

Pemain yang digunakan berasal dari klub PSS Sleman ini juga mengakui bahwa di penampilannya sebelumnya, ia merasa sedikit canggung pada menghadapi panggung.

Terutama lantaran ini merupakan debutnya di area kejuaraan Piala Asia 2023 sama-sama timnas Indonesia.

“Saya memang sebenarnya sedikit grogi juga setelahnya pertandingan jadi tidaklah sanggup tidur setelahnya meninjau seberapa besar ego saya sehingga tidaklah bisa saja memanfaatkan peluang. Jadi saya akan mengevaluasi diri saya sendiri untuk kesempatan selanjutnya,” ungkap Hokky.

Dalam harapannya, Hokky Caraka juga memohon dukungan terus-menerus dari suporter untuk memberikan semangat segera untuk skuad Garuda.

BACA JUGA: Dunia Pers Internasional Sorot Gelandang Vietnam Mewek Habis Dihajar Timnas Indonesia

“Tetap menyokong kami walau apa pun hasilnya nanti. Semoga dapat melaju ke sesi berikutnya. Mau siapa pun yang diturunkan, main di area mana pun, hasilnya seperti apa pun, mohon dukungannya,” ujar Hokky sebagai arahan penutup.

Sebanyak empat regu telah terjadi menorehkan prestasi gemilang lalu berhasil melakukan konfirmasi diri melangkah ke fase 16 Besar Piala Asia 2023. Kepastian ini menjadi sorotan utama para penggemar sepakbola di dalam seluruh dunia.

Qatar, yang digunakan tak hanya saja menjadi tuan rumah tetapi juga juara bertahan Piala Asia, menunjukkan dominasinya sebagai salah satu unggulan di dalam kejuaraan ini. Kemenangan 3-0 melawan Lebanon pada matchday pertama, dihadiri oleh dengan kemenangan tipis satu-nol kontra Tajikistan, membuktikan bahwa kekuatan Qatar patut diwaspadai.

Kejutan besar muncul dari Irak di Grup D, mengalahkan Jepun yang mana merupakan unggulan juara dengan skor 2-1. Dengan tambahan kemenangan 3-1 melawan Indonesia, Irak berhasil mengamankan tempat di tempat fase 16 Besar, menciptakan momen epik pada perjalanan mereka.

Penting untuk dicatat bahwa Piala Asia 2023 mempunyai sistem unik, berbeda dari Piala Bumi atau Euro. Selain juara dan juga runner-up fase grup, regu peringkat tiga klasemen juga mempunyai kesempatan untuk melangkah ke fase gugur. Keputusan ini diambil mengingat partisipasi 24 negara yang mana dibagi menjadi enam grup.

Dengan demikian, bukanlah cuma 12 regu yang melaju ke fase gugur, tetapi ada tambahan empat pasukan dengan status peringkat ketiga terbaik. Maka, dari enam kelompok yang tersebut menempati kedudukan ketiga, akan dibuat klasemen terpisah untuk menentukan empat kelompok terbaik yang tersebut berhak melanjutkan perjalanan mereka.

Berikut adalah daftar tiga negara yang tersebut berhasil meyakinkan diri ke putaran 16 Besar Piala Asia 2023: Qatar, Australia, Irak, serta Iran. Timnas Indonesia ketika ini menduduki sikap ketiga klasemen Grup D setelahnya meraih kemenangan menghadapi Vietnam, kemudian dengan matchday ketiga yang dimaksud akan datang, merekan berpeluang untuk melangkah ke fase berikutnya dengan membuka kesempatan baru pada waktu menghadapi Jepang.

Tim Asia Tenggara terkuat

Kekecewaan menimpa regu sepakbola Negara Malaysia setelahnya mengalami kekalahan 0-1 dari Bahrain pada pertandingan Piala Asia 2023 yang berlangsung pada Hari Sabtu (20/1). Hasil yang dimaksud menyebabkan Negara Malaysia tersingkir dari kompetisi ini, menciptakan ketegangan di area Grup E.

Persaingan semakin memanas dalam Piala Asia 2023, di dalam mana tim-tim partisipan saling bersaing untuk meraih tiket ke fase 16 besar juga bertahan pada kompetisi ini.

Dalam pertarungan sengit di tempat Grup E, Yordania kemudian Korea Selatan bermain imbang 2-2 di area Stadion Al Thumama.

Meski Korea unggul lebih banyak dulu lewat penalti kapten Song Heung Min, Yordania berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1 melalui gol bunuh diri Park Yong Woo dan juga Yazan Al Naimat pada putaran pertama.

Meskipun Korea berhasil menyamakan kedudukan melalui gol bunuh diri Yazan Al Arab di tempat menit ke-90+1 pada fase kedua, Yordania tetap memperlihatkan berada pada puncak klasemen Grup E.

Pertandingan seru lainnya melibatkan Bahrain kemudian Tanah Melayu pada hari yang dimaksud sama. Bahrain mempertahankan sikap ketiga pada klasemen Grup E pasca mengalahkan Negara Malaysia dengan skor 1-0.

Gol dramatis Ali Madan dalam menit ke-90+5 menjadi penentu kemenangan bagi Bahrain, sementara kekalahan yang disebutkan menciptakan Negara Malaysia terpuruk pada dasar klasemen serta harus tersingkir dari Piala Asia 2023.

Melihat klasemen terkini, Yordania menjadi pemimpin Grup E dengan empat poin, disertai oleh Korea Selatan yang tersebut berada pada peringkat kedua dengan selisih gol.

Bahrain bertahan di dalam peringkat ketiga, sementara Tanah Melayu menangguhkan klasemen grup ini tanpa poin.

Sementara itu, hasil-hasil lainnya dari pertandingan Grup A hingga Grup F juga menunjukkan dinamika kompetisi yang tersebut seru.

Qatar, Australia, Iran, dan juga Irak tampak mendominasi grup masing-masing, sementara tim-tim seperti China, Uzbekistan, UEA, kemudian Jepun juga menunjukkan performa yang mana cukup baik.

Piala Asia 2023 terus menyuguhkan aksi seru dan juga kejutan bagi para pecinta sepakbola di area seluruh Asia. Tim-tim kontestan harus terus berjuang untuk meraih prestasi terbaik juga mencapai tujuan mereka itu di area kompetisi ini.

Berikut ini Klasemen Piala Asia 2023 Hingga Mingguan Awal Hari 21 Januari 2023

Grup A

1. Qatar 6 poin
2. China 2
3. Tajikistan 1
4. Lebanon 1

Grup B

1. Australia 6 poin
2. Uzbekistan 4
3. Suriah 1
4. India 0

Grup C

1. Iran 6 poin
2. UEA 4
3. Palestina 1
4. Hong Kong 0

Grup D

1. Irak 6 poin
2. Negeri Sakura 3
3. Indonesia 3
4. Vietnam 0

Grup E

1. Yordania 4 poin
2. Korea Selatan 4
3. Bahrain 3
4. Malaya 0

Grup F

1. Thailand 3 poin
2. Arab Saudi 3
3. Oman 0
4. Kirgistan 0

Sumber : Suara.com