Prabowo Jadi Presiden, iPhone Dilarang Impor Harus Buka Pabrik?

Prabowo Jadi Presiden, iPhone Dilarang Impor Harus Buka Pabrik?

Jakarta – Prabowo Subianto yang sudah diberitahukan sebagai pemenang pilpres oleh KPU, sempat berjanji mewajibkan semua produsen HP memulai pembangunan pabrik ke Indonesia. Nasib Apple yang tersebut selama ini masih bebas mengirimkan iPhone impor ke RI ada pada ujung tanduk.

Apple nampaknya tak dapat lagi impor perangkat ke Indonesia dalam masa depan.

Prabowo berjanji mendorong konstruksi pabrik ponsel dalam pada negeri. Ucapan itu ia ungkapkan pada waktu debat Pilpres 2024 beberapa waktu lalu.

Saat itu, Prabowo menanggapi jawaban Anies Baswedan, calon presiden nomor urut 01 tentang maraknya impor HP di dalam Indonesia, namun nilai penanaman modal di negeri masih minim.

Anies menyatakan nilai impor HP serta komponennya masih mencapai Simbol Rupiah 30 triliun, berbanding terbalik dengan penanaman modal HP pada tanah air cuma Mata Uang Rupiah 0,5 triliun.

Prabowo menanggapi hal yang dimaksud dengan solusi mendirikan pabrik ke Indonesia. “Kalau memang sebenarnya hanya saja Simbol Rupiah 0,5 triliun [investasi produsen HP di dalam di negeri] juga diperlukan kehendak kebijakan pemerintah ya bangun pabrik itu segera,” ujarnya.

Apple diketahui tidak ada memiliki sarana manufaktur di Indonesia. Jadi selama ini pembuat iPhone memanfaatkan Level Komponen Dalam Negeri (TKDn) melalui jalur investasi. iPhone dibuat tidak dari Indonesia, serta distribusi dikerjakan melalui beberapa distributor resmi.

Sementara itu, berdasarkan bocoran Menteri Kominfo Budi Arie, bos Apple Tim Cook bersiap akan berkunjung ke Indonesia. Kedatangannya pada 20 April itu disebut bukanlah untuk mendirikan pabrik.

Namun Budi mengutarakan Tim Cook akan melakukan peresmian Apple Academy yang dimaksud ada di dalam Bali. Pembinaan itu diperuntukan untuk sumber daya manusia (SDM) di pada negeri serta disebut telah mencapai 2.000 pemukim yang tersebut mengikutinya.

“Nanti kalau tentang itu (pabrik),” jelasnya.

Artikel Selanjutnya Link 100 Ekonom Tagih Solusi Kondisi Keuangan Anies-Prabowo-Ganjar

Artikel ini disadur dari Prabowo Jadi Presiden, iPhone Dilarang Impor Harus Buka Pabrik?