Prediksi 3 Nasib Timnas Indonesia Lawan Jepang, Bisa Berhasil atau Kejeblos

Prediksi 3 Nasib Timnas Indonesia Lawan Jepang, Bisa Berhasil atau Kejeblos

Berita Bola Hari IniMelex.id Timnas Indonesia berhadapan dengan Negeri Matahari Terbit di dalam Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, pada Rabu (24/1/2024) pukul 18.30 Waktu Indonesia Barat di laga penentu nasib.

Di Grup D, Irak telah lolos sebagai juara grup dengan enam poin. Negeri Sakura berada di area peringkat kedua dengan tiga poin.

Timnas Indonesia berada di area tempat ketiga dengan tiga poin, kalah selisih gol dari Jepang.

Laga antara Timnas Jepun melawan Iraq pada Piala Asia 2023 (kyodonews.net)
Laga antara Timnas Negeri Matahari Terbit melawan Iraq dalam Piala Asia 2023 (kyodonews.net)

Vietnam, yang digunakan berada dalam kedudukan keempat, sudah ada dipastikan tersingkir, tanpa memperhitungkan hasil laga melawan Irak pada pertandingan terakhir.

Hasil Irak vs Vietnam tak berdampak pada tempat timnas Indonesia lalu Jepang. Keduanya bersaing jadi runner-up untuk lolos segera ke sesi 16 besar.

BACA JUGA: Piala Asia 2023: Marc Klok Tebar Ancaman ke Jepang, Tuliskan Kata-kata Ini adalah di dalam Medsos

Hanya juara dan juga runner-up grup yang digunakan otomatis lolos, tapi potensi masih terbuka lewat peringkat ketiga terbaik.

Bagaimana skenario timnas Indonesia?

1. Jika Imbang Lawan Jepang

Seri melawan Negeri Sakura akan menghasilkan timnas Indonesia finis pada sikap ketiga dengan empat poin. Jepang, dengan selisih gol lebih lanjut baik, akan lolos sebagai runner-up grup.

Untuk melangkah ke sesi berikutnya, Garuda perlu memantau hasil grup-grup lain untuk menentukan empat peringkat ketiga terbaik.

BACA JUGA: Piala Asia 2023: Sandy Walsh Bakar Semangat Timnas Indonesia Jelang Lawan Jepang, Target ke Babak 16 Besar

2. Jika Kalah Lawan Jepang

Jika Jepun menang, mereka itu akan lolos sebagai runner-up grup dengan enam poin, sementara timnas Indonesia finis di tempat sikap ketiga dengan tiga poin.

Meskipun demikian, kesempatan timnas Indonesia untuk lolos ke putaran 16 besar masih bergantung pada hasil grup lain, dengan Garuda ketika ini mengawasi klasemen peringkat ketiga terbaik dengan tiga poin.

3. Jika Meraih kemenangan dari Jepang

Jika timnas Indonesia mengalahkan Jepang, merekan akan dipastikan lolos sebagai runner-up Grup D dengan enam poin.

Asnawi Mangkualam lalu rekan-rekan akan mengakumulasi enam poin untuk meraih tempat tersebut. Sementara itu, Jepun akan berada di tempat sikap ketiga dengan tiga poin.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Sumber : Suara.com