Profil Nguyen Van Tung, Pemain Nakal Vietnam yang mana Sikut Jordi Amat Sampai Mimisan

Profil Nguyen Van Tung, Pemain Nakal Vietnam yang mana Sikut Jordi Amat Sampai Mimisan

Berita Bola Hari IniMelex.id Mengenal tambahan jarak jauh sosok Nguyen Van Tung, pemain Vietnam yang dimaksud menyikut bek Timnas Indonesia, Jordi Amat, hingga mimisan pada lanjutan Piala Asia 2023.

Laga kedua grup D antara Vietnam vs Indonesia, hari terakhir pekan (19/1) waktu malam WIB, berbagai menghadirkan duel-duel keras yang digunakan memproduksi pertandingan sejumlah terhenti.

Salah satunya adalah duel keras antara penyerang Vietnam, Nguyen Van Tung, dengan bek Timnas Indonesia, Jordi Amat, dalam fase kedua.

Dalam duel udara yang dilakoni keduanya, tampak Nguyen Van Tung melegakan sikutan ke arah wajah bek milik Johor Darul Ta’zim tersebut.

Akibat sikutan pada wajahnya itu, Jordi Amat pun terkapar. Saat disorot kamera, bek berusia 31 tahun yang disebutkan mengalami pendarahan hebat pada hidungnya atau mimisan.

Tak ayal kondisi yang dimaksud menimbulkan Jordi Amat mendapat perawatan dari kelompok medis lalu membuatnya harus ditarik mengundurkan diri dari juga digantikan Rizky Ridho.

Anehnya, sikutan yang dimaksud tak lantas memproduksi Nguyen Van Tung mendapat peringatan keras ataupun kartu dari wasit yang mengatur pertandingan.

Namun seakan mendapat karmanya, 10 menit kemudian Nguyen Van Tung mengalami cedera pada waktu mengejar bola juga membuatnya ditarik keluar.

Akibat tindakan kasarnya itu, Nguyen Van Tung pun menjadi perbincangan netizen Tanah Air. Lantas, siapakah sosok penyerang Timnas Vietnam itu?

Jebolan Vietnam U-23

Nguyen Van Tung merupakan salah satu penyerang andalan Vietnam yang mana lahir pada Hanoi pada 2 Juni 2001 atau ketika ini berusia 22 tahun.

Kiprah Nguyen Van Tung di area sepak bola sendiri bermula pada tanah kelahirannya. Di level akademi, ia bermain bagi akademi Hanoi FC.

Dalam perjalanannya dalam akademi Hanoi FC, Nguyen Van Tung sempat mendapat kesulitan yakni di tempat pasukan U-16, kala dirinya harus absen selama dua tahun akibat cedera.

Meski sempat dibekap cedera panjang, Nguyen Van Tung berhasil bangkit juga mampu menembus regu U-19, dalam mana ia menciptakan sensasi kala berhasil mencetak 6 gol dari 5 laga.

Catatan yang dimaksud cukup menyebabkan regu utama Hanoi FC yakin dengan kapasitasnya dan juga mempromosikannya ke kelompok utama pada September 2022 lalu.

Sejak debutnya pada regu utama, Nguyen Van Tung tak mampu memberi partisipasi besar untuk Hanoi FC. Tercatat dari 36 laga, ia baru menyumbangkan dua gol lalu dua assist.

Tapi catatan buruknya di dalam level klub tak berlanjut di dalam kelompok nasional. Nguyen Van Tung justru tampil beringas ketika bermain bagi negaranya.

Ia pertama kali membela negaranya pada level U-19 dengan torehan dua gol dari enam laga. Kemudian pada 2022 kemarin, Nguyen Van Tung masuk ke regu U-22 lalu pasukan U-23.

Bersama Vietnam U-22 lalu U-23, Nguyen Van Tung tampil gahar. Di kelompok U-23 sekadar dirinya sudah bermain sebanyak 23 kali dan juga mencetak total 11 gol.

Catatan apik di tempat level kelompok umur itu menyebabkan Nguyen Van Tung pun dipanggil ke pasukan utama oleh Philippe Troussier pada Juni 2023.

Nguyen Van Tung kemudian melakoni debutnya ketika Vietnam menghadapi Hong Kong. Hingga artikel ini dibuat, ia sudah tampil sebanyak empat kali bagi negaranya tanpa mencetak satu gol pun.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Sumber : Suara.com