Berita  

Proyek Jembatan Mampang pada Depok: Sudah Bikin Tambah Parah Macet lalu Banjir, Mangkrak Pula

Proyek Jembatan Mampang pada Depok: Sudah Bikin Tambah Parah Macet lalu Banjir, Mangkrak Pula

Berita Teknologi Hari IniMelex.id Depok – Warga Perkotaan Depok mengeluhkan dampak proyek pembongkaran serta penyelenggaraan ulang Jembatan Mampang di area Jalan Raya Sawangan yang digunakan diduga berada dalam mangkrak itu. Proyek yang disebutkan sejatinya dikerjakan 26 Oktober – 31 Desember 2023.

“Ya dilihat sendiri aja progresnya bagaimana,” tutur warga RT 2/6 Kelurahan Mampang, Pancoran Mas, Daerah Perkotaan Depok, Ahmad Fauzan, 38 tahun, pada waktu ditemui pada Kamis, 4 Januari 2024.

Dia menjelaskan kalau sudah ada dua minggu proyek yang mana menelan APBD hingga Simbol Rupiah 4,9 miliar bukan ada pengerjaan sejenis sekali. “Di akhir Desember enggak ada (pengerjaan), cuma dikeruk-keruk kalinya mirip pasang blok (U-girder) aja,” katanya.

Pekerjaan juga mangkraknya proyek yang disebutkan memproduksi kemacetan lalu lintas di area Simpang Mampang makin parah. Tak cuma itu, pada waktu hujan, banjir yang digunakan merendam dua wilayah rukun warga, yakni RW 6 serta RW 10, pada Kelurahan Mampang semakin parah.

Padahal tujuan proyek adalah meminimalkan banjir yang digunakan terjadi di area wilayah itu setiap kali hujan deras turun ataupun akibat debit kiriman dari hulu (Bogor).

“Dampaknya ya luar biasa, lebih tinggi parah daripada sebelumnya,” katanya sambil menambahkan, “Macet dari Sawangan dapat satu jam, warga ngeluh, apalagi ditimpa banjir.”

Warga lainnya, Surahman, 61 tahun, membenarkan proyek revitalisasi jembatan malah sangat menganggu lalu menyebabkan kemacetan jalan juga banjir lebih lanjut parah dalam sekitar lokasi. Kemacetan disebutnya berlangsung pukul 07-10 Waktu Indonesia Barat serta pukul 16-19 WIB.

“Kalau dari arah timur mulainya dari Polsek Pancoran Mas sementara dari arah barat sampai Saung Telaga, itu sanggup 1 kilometer lebih,” tuturnya.

Ia berharap penyelenggaraan Jembatan Mampang dapat segera dirampungkan. Menurutnya pula, para pekerja proyek telah berganti sampai 3 kali. “Biar cepat dilanjutkan, jangan sampai kayak gini, kasihan warga mau berangkat kerja dan juga ada keperluan lainnya,” ucap Surahman.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum kemudian Penataan Ruang (PUPR), Citra Indah Yulianty, belum merespons pada waktu dimintai keterangannya ihwal kelanjutan proyek Jembatan Mampang tersebut.

Pilihan Editor: Kronologi Petugas Dishub DKI Naik Kap Mobil yang tersebut Viral di dalam Medsos