Berita  

Refleksi Kemampuan Pengadilan Tinggi DKI, Heru Budi Soroti e-Court

Refleksi Kemampuan Pengadilan Tinggi DKI, Heru Budi Soroti e-Court

Berita Teknologi Hari IniMelex.id Jakarta – Penjabat Gubernur DKI DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengimbau agar sistem pengadilan e-court oleh Pengadilan Tinggi DKI Ibukota Indonesia terus disosialisasikan ke masyarakat. Hal itu disampaikannya di acara Refleksi Performa Pengadilan Tinggi DKI DKI Jakarta 2023.  

“Saya berharap e-court dapat disosialisasikan secara berkala di area berbagai jaringan agar warga Ibukota lebih tinggi mengenal pembaruan sistem ini,” ucapnya melalui keterangan tercatat pada Kamis, 4 Januari 2024.  

E-court adalah sistem pengadilan modern yang sudah ada disahkan lewat Peraturan Mahkamah Agung Nomor 7 Tahun 2022 tentang Administrasi Perkara serta Persidangan secara elektronik. Heru berharap layanan dalam e-court dapat memudahkan masyarakat. 

E-court merupakan bentuk layanan pengadilan terhadap rakyat untuk pendaftaran perkara, pembayaran uang perkara, pemanggilan para pihak persidangan, lalu persidangan yang mana dijalankan secara online,” katanya menutur.  

Selain mempermudah, e-court juga dinilai membantu penduduk menjalani proses peradilan. Misalnya, menghemat biaya, waktu, juga menghurangi kunjungan secara fisik di dalam kantor pengadilan tinggi. Heru berharap agar Pengadilan Tinggi DKI Ibukota semakin mengoptimalkan sistem e-court.  

Dalam kesempatan tersebut, Heru juga mengucapkan terima kasih terhadap jajaran Pertemuan Sinkronisasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), yaitu Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Polda Metro Jaya, kemudian Kodam Jaya melawan kerja sebanding merekan selama tahun 2023. 

“Pertemuan ini juga menjadi salah satu kesempatan untuk menguatkan sinergi antara Forkopimda dengan penegak hukum dalam Provinsi DKI DKI Jakarta demi menciptakan DKI Jakarta yang dimaksud aman, damai, kemudian sejahtera,” ujar Heru.