Berita  

Rekrutmen Bersama BUMN Dibuka, Simak Tips Jitu Agar Diterima

Rekrutmen Bersama BUMN Dibuka, Simak Tips Jitu Agar Diterima

Jakarta – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali mengatur acara Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2024 hingga 1 April 2024. Ketua Pertemuan Human Capital Indonesi (FHCI) BUMN, Alexandra Askandar mengatakan, di RBB kali ini jumlah agregat BUMN yang mana turut berpartisipasi ada banyaknya tambahan dari 100 BUMN dengan menyediakan lapangan kerja berjumlah 688 lowongan lalu 1.830 posisi.

Lowongan kerja di BUMN, ada berubah-ubah latar belakang pada hal ini untuk lembaga pendidikan dibuka mulai dari untuk SMA atau yang tersebut sederajat hingga S2, kemudian fresh graduate maupun juga yang mana experience hire. Pada RBB tahun ini kondisi batas usia sudah pernah diperluas. Untuk lulusan SMA, batas usianya 25 tahun, lulusan Diploma 27 tahun, lulusan Sarjana 30 tahun, kemudian Magister 35 tahun.

Alexandra menjabarkan, pada tahapan seleksi akan ada beberapa tes seperti RBB tahun-tahun sebelumnya yaitu tes kemampuan dasar, tes akhlak, kemudian tes bahasa Inggris. Terbaru, akan ada tes wawasan kebangsaan dan juga learning agility pada mana kemudian dilanjutkan dengan tahap seleksi terakhir dalam setiap-tiap BUMN yaitu tes kemampuan bidang.

Tahapan wawancara di serangkaian seleksi masuk suatu perusahaan merupakan salah satu hal yang tersebut penting juga tidaklah boleh diremehkan oleh para pelamar kerja. Sebab, pihak perusahaan akan menyeleksi karakter individu pekerja yang dimaksud cocok bekerja di dalam perusahaan tersebut.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membeberkan, ada hal yang sebaiknya dijalankan oleh para pelamar, diantaranya langkah-langkah seleksi masuk di perusahaan pelat merah.

Menurutnya, diakhir langkah-langkah seleksi wawancara dengan pihak HRD, biasanya pemukim yang mana mewawancara calon karyawan akan menawarkan pertanyaan.

“Apakah ada yg ingin kamu tanyakan?,” kata Erick mengutip laman sosial media Instagramnya, diambil (25/3/2024).

Erick menyebut, sebaiknya para pelamar menjawab dengan pertanyaan terkait hal-hal yang dimaksud harus dijalankan apabila diterima pada perusahaan tersebut.

“Coba kamu jawab begini, kalau saya dapat kesempatan untuk bergabung disini kira-kira apa cuma yang mana penting saya lakukan? agar perusahaan merasa kalau mempekerjakan saya adalah suatu tindakan yang tersebut baik,” jelasnya.

Erick menuturkan, pertanyaan yang disebutkan sebenarnya dapat memiliki efek yang tersebut unik bagi si pelamar.

“Jadi ketika kamu nanya pertanyaan itu, penduduk yg menginterview kamu akan memvisualisasikan kamu yg sedang bekerja di perusahaan itu. Ini adalah bisa saja memberikan keuntungan lebih besar dibandingkan pelamar lainnya. Kamu memfokuskan diri sebagai opsi terbaik,” pungkasnya.

Artikel Selanjutnya 3 Tips Terhindar dari ‘Kolesterol’ Saham Gorengan

Artikel ini disadur dari Rekrutmen Bersama BUMN Dibuka, Simak Tips Jitu Agar Diterima