Rockstar Digugat Rp31 Miliar, Imbas Parodi dalam Trailer GTA6

Rockstar Digugat Rp31 Miliar, Imbas Parodi pada Trailer GTA6

Berita Teknologi Hari IniMelex.id JAKARTA – Seorang pria dengan syarat Florida, Lawrence Sullivan, menuntut Rockstar Games membayar USD2 jt atau sekitar Rp31 miliar sebab menampilkan satu detik karakter yang mana mirip dengannya pada trailer perkenalan Grand Theft Auto 6 .

Pria berjuluk Florida Joker itu menuduh studio mencuri wajahnya pada video TikTok terbaru. “Mari bicara,” katanya di panggilan terbuka untuk Rockstar setelahnya parodi dirinya serta tokoh media sosial ramai lainnya muncul pada trailer pertama GTA 6 dikutipkan dari Techdirt, Rabu (20/12/2023).

Kasus ini diperkirakan tiada akan berlanjut atau kandas di dalam sedang jalan. Sebab, apa yang tersebut dijalankan Rockstar hanyalah menciptakan parodi dari tokoh budaya populer. Hanya miliki wajah yang ditato sebagai pria kurus tidaklah cukup untuk memenuhi tuduhan mereproduksi penampilan sosok selebriti internet.

Aktor Roger Clark berpendapat para pengacara Rockstar tentu sudah ada sangat memahami garis-garis yang dapat dilanggar juga yang dimaksud tidak.

“Mereka tahu persis apa yang tersebut bisa saja kemudian tak dapat dia lakukan,” ujar aktor kata-kata di dalam balik protagonis Red Dead Redemption 2, Arthur Morgan itu pada video TikTok, seperti dilaporkan oleh PC Gamer.

Faktanya, perkiraan Clark tak meleset. Para pengacara Rockstar telah memeriksa konten game untuk memverifikasi bukan akan memunculkan kesulitan hukum.

Menurut Clark, Sullivan seharusnya menggunakan kesempatan ini sebagai cara untuk meningkatkan popularitasnya, alih-alih mengajukan tuntutan. “Kalau jadi Anda, saya akan menggunakan ketenaran yang dimaksud baru cuma mereka lemparkan untuk keuntungan saya, manfaatkan,” ujarnya.

Tuntutan Sullivan bukanlah kali pertama menimpa Rockstar. Permasalahan hak publisitas pernah menerpa dalam GTA5. Penerbit game yang disebutkan bahkan harus membela diri dalam pengadilan melawan Lindsay Lohan serta Karen Gravano. Namun, pada akhirnya mengungguli kedua persoalan hukum tersebut.

Sumber : Sindonews