Sarapan Bareng Petani Sragen, Ganjar Keseriusan Selesaikan Kesulitan Pupuk juga Air

Sarapan Bareng Petani Sragen, Ganjar Keseriusan Selesaikan Hambatan Pupuk juga Air

Berita Politik Hari IniMelex.id SRAGEN – Calon presiden (capres) 2024 nomor urut 3, Ganjar Pranowo kembali menginap di area rumah warga. Kali ini, Ganjar bermalam pada rumah warga dalam Desa Kliwonan, Kecamatan Masaran, Sragen, Minggu, 24 Desember 2023.

Pada Mulai Pekan (25/12/2023) pagi, Ganjar menghadirkan petani di area desa setempat sarapan bareng. Sembari santap pagi bersama, Ganjar yang duduk lesehan pada tikar mendengarkan dengan seksama setiap keluhan para petani.

Petani Desa Kliwonan, Sadino mengaku kesulitan mendapat pupuk bersubsidi di tempat daerahnya. Hal itu disebabkan akibat pendataan petani yang kurang jelas. “Di di tempat ini petani sulit cari pupuk. Katanya kita tiada masuk data, padahal kita telah mengurus dua tahun tambahan belum beres,” ucap Sadino.

Sadino mengatakan, stok pupuk bersubsidi sebenarnya tersedia, namun dia tak mampu membelinya lantaran tak masuk pada data petani penerima pupuk bersubsidi. “Pupuknya ada tapi kita tak bisa saja beli,” ujarnya.

Untuk itu, Sadino lalu para petani berharap, Ganjar mampu memberikan solusi supaya petani bisa saja mendapatkan pupuk subsidi dengan mudah. “Harapannya petani mudah mendapatkan pupuk,” imbuhnya.

Selain pupuk, Sadino juga mengeluhkan ketersediaan air untuk irigasi lahan juga menjadi permasalahan penting pada daerahnya. “Air irigasi juga sulit, kita butuh sumur untuk mengatasi kelangkaan air irigasi,” ungkapnya.

Menanggapi keluhan dari petani, Ganjar mengungkapkan, kelangkaan pupuk bersubsidi memang benar terjadi dalam seluruh Indonesia. Sebab, pemerintah telah lama menurunkan kuota atau jatah pupuk bersubsidi. “Soal pupuk tidak semata-mata di area Jawa Tengah tapi semua wilayah di area Indonesia,” ucap Ganjar.

Ganjar berikrar akan menyelesaikan persoalan pupuk dengan memperbaiki data petani. Selain mendata total petani, data luasan lahan juga komoditas juga akan diperbaiki.

Sumber : Sindonews.com