Bisnis  

Sederet Transformasi Digital yang tersebut Dilakukan Taspen

Sederet Transformasi Digital yang mana yang disebut Dilakukan Taspen

Melex.id – PT Dana Tabungan serta Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen telah lama melakukan serangkaian perubahan fundamental digital. Transformasi ini dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kepada para nasabah.

Pada tahun 2023, Taspen sudah meluncurkan aplikasi Taspen Customer Digital Services (TCDS), yakni upaya rasionalisasi atau penyatuan seluruh aplikasi eksisting di dalam Taspen, seperti Taspen Otentikasi, Taspen One Hour Online Service (TOOS) lalu Taspen Care.

Adapun beberapa layanan pada aplikasi TDCS, antara lain Taspen Services Management, Taspen Membership Management, Customer Care Support, Content Management, Document Repository Management juga Identity & Access Management, Taspen One Hour Online Service (TOOS) kemudian Taspen Care. Aplikasi TCDS menjadi sebuah aplikasi terintegrasi untuk mengakomodasi seluruh kebutuhan peserta kemudian meningkatkan kemudahan peserta dalam mendapatkan layanan.

“Penguatan teknologi digital yang mana agile, andal, aman serta terintegrasi untuk operasional perusahaan (layanan serta investasi) serta penguatan wadah teknologi informasi agar tercipta Digital Ecosystem Taspen Group, semuanya tertuang dalam IT Master Plan Perusahaan juga mendasari Rencana Jangka Panjang Perusahaan, serta arahan manajemen yang mana tertuang dalam policy statement,” ujar Direktur SDM lalu Teknologi Informasi Taspen Ovita Susiana Rosya yang dimaksud dikutip, Kamis (9/11/2023).

Untuk membantu pengoptimalan layanan bagu peserta, TCDS menggunakan beberapa teknologi terkini, yakni Elektronic Know Your Customer (autentikasi wajah juga KTP), pemanfaatan teknologi biometric kemudian enrollment, reprogramming aplikasi menggunakan microservice teknologi terbaru, modul lalu fitur yang dimaksud identik untuk seluruh platfrom (android dan juga iOS), serta peningkatan app security.

Selain itu, untuk menjamin keamanan lalu kerahasiaan data peserta, TCDS menerapkan security improvement yang tersebut sudah bersertifikasi ISO 27001:2013 (sertifikasi standar internasional terkait keamanan informasi), seperti network security, data protection, identity management, endpoint protection, dan juga server security.

“Tercatat hingga bulan Oktober 2023, Taspen mempunyai 6,74 jt peserta, yang dimaksud terdiri dari 3,68 jt peserta bergerak dan juga 3,06 jt peserta pensiun. Upaya rasionalisasi melalui aplikasi TCDS ini diharapkan dapat memudahkan kebutuhan peserta serta sebagai bentuk berpartisipasi TASPEN dalam menghadirkan inovasi digitalisasi yang tersebut sesuai dengan teknologi terkini,” imbuh Ovita.

Atas sederet metamorfosis tersebut, Taspen meraih dua penghargaan dalam ajang Indonesia Digital Innovation and Achievement Awards 2023 untuk kategori Best Digital Technology and IoT Implementation 2023 lalu Best Chief Technology Officer (CTO) Indonesia Digital Innovation and Achievement Of The Year 2023 atas nama Direktur SDM kemudian Teknologi Informasi Taspen Ovita Susiana Rosya.

“Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi Insan Taspen untuk terus meningkatkan pengembangan diri juga berupaya bergerak menciptakan inovasi digitalisasi layanan Taspen yang tersebut sesuai dengan kebutuhan para peserta. Ke depan, Taspen akan senantiasa berupaya berpartisipasi untuk memberikan pelayanan andal bagi seluruh peserta di dalam Indonesia,” pungkas Ovita.

Sumber : Suara.com