Berita  

Selain HUT ke-51, Jokowi Juga Pernah Absen dalam Acara PDIP Hal ini

Selain HUT ke-51, Jokowi Juga Pernah Absen pada Acara PDIP Hal ini

Berita Terkini Hari IniMelex.id Presiden Joko Widodo atau Jokowi dipastikan tak mengunjungi acara HUT ke-51 PDIP yang tersebut diselenggarakan pada Rabu (10/1/2024) mendatang. Hal ini bukanlah kali pertama Jokowi absen dalam acara yang digunakan dilakukan oleh PDIP.

Jokowi absen ketika PDIP mengumumkan cawapres pendamping capres Ganjar Pranowo.

Acara pemberitahuan yang disebutkan diselenggarakan di area kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Ibukota Indonesia Pusat, Rabu (18/10/2023). Dalam acara pemberitahuan itu, Mahfud diperkenalkan untuk rakyat menjadi cawapres Ganjar untuk yang pertama kalinya.

Selain Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, pimpinan partai pendukung juga turut hadir di acara pemberitahuan tersebut.

Jokowi juga diundang datang ke acara deklarasi. Namun, batang hidungnya tiada terlihat sampai acara pemberitahuan capres-cawapres berakhir.

Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo (keempat kanan) serta akan segera calon perwakilan presiden Mahfud MD (ketiga kanan) berfoto sama-sama ketum serta elite partai koalisi di dalam kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023). [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat].
Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo (keempat kanan) dan juga akan segera calon duta presiden Mahfud MD (ketiga kanan) berfoto bersatu ketum juga elite partai koalisi dalam kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023). [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat].

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengungkap, Jokowi absen pada acara pemberitahuan sebab harus menjalankan tugas sebagai Kepala Negara ke luar negeri.

Kala itu, Jokowi harus menggelar kunjungan kerjanya ke Beijing, China.

“Jadi kami memahami ketidakhadiran atau ketidakbisaan hadirnya Bapak Jokowi pada pengumuman capres-cawapres pada kesempatan ini sebab ada tugas yang tersebut tambahan penting yang dimaksud harus dikerjakan oleh Bapak presiden,” ujar Puan pada kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, DKI Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Bersamaan dengan itu, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto mengungkapkan pihaknya telah terjadi mengirimkan undangan melalui Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung.

“Kalau terkait Bapak Presiden Jokowi, kami telah komunikasikan untuk Mas Pramono Anung yang tersebut mendampingi Bapak presiden,” kata Hasto.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto di tempat Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Ibukota Indonesia Pusat, Hari Sabtu (6/1/2024). (Suara.com/Bagaskara)
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto dalam Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Ibukota Indonesia Pusat, Hari Sabtu (6/1/2024). (Suara.com/Bagaskara)

Hal sejenis kembali terjadi pada acara HUT ke-51 PDIP yang mana rencananya akan dilakukan pada 10 Januari mendatang.

PDIP menegaskan Jokowi bukan hadir pada acara tersebut.

Hasto mengungkapkan, Jokowi harus menjalankan tugas negara di dalam hari yang dimaksud sama.

“Kami sudah ada mendapat informasi juga bapak Presiden Jokowi akan melaksanakan tugas negara di dalam luar negeri dalam Filipina,” ungkap Hasto pada Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Ibukota Pusat, Hari Sabtu (6/1/2024).

Dalam acara HUT ke-51 PDIP nanti Ketua Umum DPP PDIP Prof.Dr.(HC) Megawati Soekarnoputri akan berpidato sekaligus memberikan perintah hariannya.

Pidatonya akan diadakan di area Sekolah Partai PDIP.

Sumber : Suara.com