Skandal Keselamatan, Kemenperin Desak Daihatsu Indonesia Lanjutkan Ekspor

Skandal Keselamatan, Kemenperin Desak Daihatsu Indonesia Lanjutkan Ekspor

Berita Terbaru Hari IniMelex.id Jakarta – Kementerian Manufaktur (Kemenperin) beberapa waktu lalu telah terjadi melakukan pembicaraan dengan PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Pertemuan itu dilaksanakan setelahnya Daihatsu Negeri Sakura terlibat hambatan skandal uji keselamatan. 

Skandal keselamatan itu nyatanya berdampak pada sebagian mobil Daihatsu yang diproduksi di area Negeri Sakura serta pada luar negeri. Bahkan Reuters melaporkan bahwa kesulitan yang disebutkan juga berdampak ke lingkungan ekonomi Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Namun Direktur Marketing lalu Direktur Corporate Planning & Communication PT Astra Daihatsu Motor Sri Agung Handayani membantah, lalu menyampaikan mobil Daihatsu di dalam Indonesia tak terkena dampak skandal keselamatan. Akan tetapi, isu ini menghasilkan ekspor mobil Daihatsu Indonesia ditangguhkan sementara.

“Kami sudah ada menegaskan untuk prinsipal bahwa semua kendaraan Daihatsu yang mana diproduksi, didistribusi, juga dipasarkan di area Indonesia bukan mempunyai kesulitan kualitas juga keselamatan,” kata beliau kepada Tempo, Kamis, 21 Desember 2023.

Setelah mendengar pernyataan resmi dari PT ADM, Kemenperin pun akhirnya meminta-minta Daihatsu Indonesia untuk melanjutkan produksi dan juga ekspor mobil. Menurut Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi juga Elektronika (Ilmate) Kemenperin Taufiek Bawazier, produksi pabrik ADM terjamin kualitas dan juga keselamatan.

“Kemarin ada beberapa utusan dari direksinya datang dan juga kami minta jangan diberhentikan ekspor,” ujar Taufiek pada keterangannya di dalam Denpasar, Bali, disitir Tempo dari Antara hari ini, Kamis, 4 Januari 2024.

Lebih lanjut Taufiek menjelaskan bahwa produksi Daihatsu di area Indonesia ketika ini tidak ada mengalami hambatan secara kualitas kemudian kuantitas. Skandal kesempatan yang dimaksud terjadi pada Jepang, kata dia, tak memengaruhi PT ADM secara langsung.

“Artinya tidaklah ada kesulitan dengan komoditas Daihatsu di tempat Indonesia,” tegas Taufiek.

Sementara itu, Executive Officer Corporate Function Directorate PT ADM Johan meyakinkan semua kendaraan Daihatsu yang tersebut diproduksi, didistribusikan, dan juga dipasarkan di tempat Indonesia tidaklah miliki hambatan kualitas dan juga keselamatan dan juga memenuhi regulasi yang dimaksud berlaku di tempat Indonesia.

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di tempat atas? Mari bergabung di area membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto