Startup Binaan Kompak Sudah Untung, Ini adalah Rahasia East Ventures

Startup Binaan Kompak Sudah Untung, Hal ini adalah Rahasia East Ventures

Jakarta – East Ventures berfokus pada kesehatan perusahaan yang masuk di portofolionya. Sebanyak 40 persen dari seluruh perusahaan startup yang ada dalam portofolio East Ventures telah mencetak laba atau akan profit pada waktu dekat.

Partner East Ventures, Melisa Irene menjelaskan 90 persen startup yang masuk portofolio perusahaan modal ventura yang dimaksud telah mempunyai margin yang tersebut positif. Bahkan, 40% perusahaan yang menerima modal East Ventures ada di dalam kategori sudah ada atau akan profit.

“40 persen telah profit atau sudah ada terlihat akan profit,” kata Melisa, Rabu(20/3/2024).

Dalam kesempatan itu, beliau menjelaskan kualifikasi apa yang digunakan dilihat East Ventures pada waktu akan mendanai sebuah startup. Khusus untuk startup tahap awal, yang digunakan dilihat adalah pendiri perusahaan tersebut.

Dia memaparkan pendiri startup harus punya tiga hal. Salah satunya adalah integritas, yakni bisa saja mempertahankan apa yang mana sudah pernah dibicarakan sebelumnya.

“Integritas, apa yang tersebut dijanjiin pegang omongannya. Worst case dikasih uang kemudian uangnya dibawa kabur,” ungkapnya.

Selain itu, founder juga diharapkan miliki kemampuan self awareness. Pendiri harus bisa jadi menganalisis sekitarnya, salah satunya meninjau prospek positif atau negatif.

Terakhir adalah sanggup mengerti model usaha ke global, tetapi dapat menyesuaikan bisnisnya untuk bursa Indonesia. “Business model yang dilihat di luar tiada akan copy paste tapi akan adjust, bagaimana capture ke konteks Indonesia,” ujar Melisa.

Selain founder, yang mana jadi perhatian juga terkait market. Meskipun pendiri startup mempunyai kualifikasi yang baik namun masuk ke lingkungan ekonomi yang salah akan buang-buang waktu bagi semua pihak, salah satunya pemberi dana juga juga perusahan itu sendiri.

Untuk startup growth stage, ia menjelaskan ruang menyebabkan kesalahan akan menjadi lebih banyak sedikit. Dalam periode ini, perusahaan telah akan melanjutkan ke model kegiatan bisnis lainnya melengkapi yang mana telah ada sebelumnya.

Dia menjelaskan pihaknya akan mencari perusahaan dengan hasil yang tersebut jelas. Selain itu, barang bisa jadi menjadi pemimpin di kategori tertentu.

“Punya kesempatan besar jadi pemimpin di dalam suatu kategori,” kata dia.

Artikel Selanjutnya Video: Penanam Modal Waspadai Badai PHK 2024, Nasib Startup Terancam?

Artikel ini disadur dari Startup Binaan Kompak Sudah Untung, Ini Rahasia East Ventures