Berita  

Sulap Apartemen jadi Home Industri Tembakau Gorila, Pemuda Cengkareng Terancam Hukuman Mati

Sulap Apartemen jadi Home Industri Tembakau Gorila, Pemuda Cengkareng Terancam Hukuman Mati

Berita Terbaru Hari IniMelex.id Satres Narkoba Polres Metro DKI Jakarta Barat, meringkus pribadi pembuat narkotika jenis tembakau gorila atau sinte berinisial DA (22). Pemuda itu dicokok polisi pada sebuah apartemen kawasan Duri Kosambi, Cengkareng, Ibukota Barat, Hari Minggu (10/12/2023) lalu.

Kapolres Metro DKI Jakarta Barat, Kombes Pol Syahduddi mengatakan, penangkapan ini bermula ketika pihaknya menerima laporan dari penduduk tentang adanya home sektor pembuatan tembakau sinte di tempat wilayah Cengkareng.

Usai melakukan pendalaman, petugas menangkap salah seseorang pembuat narkotika tersebut.

“DA miliki peran untuk mencampur materi kimia yang mengandung narkotika golongan satu dengan tembakau,” kata Syahduddi, di area Mapolres Metro Ibukota Barat, Rabu (20/12/2023).

Syahduddi mengatakan, pada memproduksi tembakau sinte ini, ada dua orang rekan DA, berinisial AK kemudian FA. Namun hingga ketika ini keduanya masih buron.

AK diketahui merupakan pengendali atau pemilik tempat peracikan tembakau sintetis ini. Sementara, FA bertugas meracik cairan yang dimaksud nantinya akan dicampurkan ke tembakau.

“Jadi, cairan kimia yang dimaksud sudah ada diracik oleh DPO berhadapan dengan nama FA, kemudian dicampur di satu box tembakau,” ungkapnya.

Dari tangan tersangka, polisi menyita 100 kilogram tembakau gorila yang digunakan sudah diproduksi komplotan tersebut.

Polisi juga menyita belasan botol berisikan substansi kimia, sebagai material campuran pembuatan tembakau gorila.

Serta sebuah timbangan dan juga kompor listrik yang mana dipergunakan untuk memproduksi cairan kimia sebagai komponen tembakau gorila.

Atas perbuatannya, dituduh dijeratPasal 113 ayat (2) subsider Pasal 112 tentang Narkotika kemudian terancam maksimal hukuman mati. 

Sumber : Suara.com