Super Program INA Digital Meluncur Mei, Hal ini Kehebatannya

Super Rencana INA Digital Meluncur Mei, Hal ini Kehebatannya

Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur negara serta Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Anas mengungkapkan, GovTech Tanah Air yang dimaksud disebut INA Digital akan diluncurkan pada bulan Mei nanti. Nantinya ada beberapa layanan pemerintahan yang mana akan terintegrasi pada super aplikasi mobile itu.

Hal itu diungkapkan Azwar Anas usai Rapat Internal mengenai Percepatan Transformasi lalu Keterpaduan Layanan Digital sama-sama Presiden Joko Widodo juga Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin di Istana Negara, Awal Minggu (25/3/2024).

“Dalam waktu dekat akan terintegrasi, tentu belum semua kementerian,” kata Azwar Anas usai rapat.

“Rakyat tak perlu lagi mengunduh banyak. Cukup satu portal, berubah-ubah layanan dengan akses SSO (single sign on) melalui pemanfaatan sertifikat elektronik, sekali isi data untuk beragam layanan,” tambahnya.

Dia mengakui, selama ini masyarakat harus mengunduh sejumlah perangkat lunak untuk setiap layanan masyarakat pemerintah. Salah satu kemudahan dengan GovTech tersebut, kata dia, terkait penerbitan KTP digital alias Identitas Kependudukan Digital (IKD).

“Untuk memperoleh IKD, penduduk tak harus lagi ke kelurahan ke desa cukup pakai biometrik nanti akan mendapatkan IKD. Tentu ini lompatan besar,” ujar Azwar.

Di sisi lain, beliau menuturkan, untuk tahap awal belum semua layanan pemerintahan yang tersebut akan terintegrasi.

Ia menjabarkan seperti administrasi kependudukan, inisiatif Tanah Air Terampil juga Kartu Negara Indonesia Pandai Kuliah, antrean rumah sakit, registrasi dokter pengurusan Surat Tanda Registrasi (STR).

Kemudian sertifikasi vaksin, pengurusan imunisasi, pengurusan izin penyelenggaraan acara pada kepolisian, hingga pengecekan bantuan sosial.

“Izin penyelenggaraan event pada kepolisian yg akan bisa saja online tak wajib datang. Kemudian cek bantuan sosial,” kata Azwar.

Lalu layanan untuk ASN, yang digunakan disebut smart ASN, seperti urusan kinerja ASN, pelatihan, juga data kepegawaian ASN.

“Kemudian info penerimaan bantuan pembayaran digital PNBP, kemudian keimigrasian, BPJS, pertahanan, ketenagakerjaan kemudian lain-lain,” terangnya.

Azwar mengatakan, ketika aplikasi mobile itu diperkenalkan pada bulan Mei, memang sebenarnya belum semua layanan terintegrasi. Namun, imbuh dia, target untuk 9 layanan prioritas seluruhnya akan dirampungkan pada bulan September mendatang.

“Secepatnya Mei, kita sedang kerja keras nanti siang waktu malam sehingga mampu diselesaikan. Karena Pekerjaannya ini telah beberapa bulan. Targetnya bulan September sudah ada seluruhnya portal nasional 9 prioritas tadi,” kata Azwar pada waktu ditanya

Artikel ini disadur dari Super Aplikasi INA Digital Meluncur Mei, Ini Kehebatannya