Tanggapi Soal Pemain Timnas Indonesia Makan Mie Instan, Begini Kata Indra Sjafri

Tanggapi Soal Pemain Timnas Indonesia Makan Mie Instan, Begini Kata Indra Sjafri

Berita Terbaru Hari IniMelex.id Jakarta – Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menanggapi polemik pemain timnas Indonesia yang tersebut makan mie instan di tempat sela-sela pemusatan latihan untuk persiapan Piala Asia 2023. Ia tidak ada mempermasalahkan atlet mengonsumsi makanan tersebut, tetapi dengan catatan waktu tertentu saja.

“Kalau ia makan mie instan setahun sekali, siapa yang tersebut larang coba? Siapa yang digunakan larang? Pemain Eropa juga makan Spaghetti, ada juga yang mana makan mie instan,” ujar ia pada waktu ditemu di area Lapangan A Gelora Bung Karno, Senayan, Ibukota Pusat, Kamis, 4 Januari 2024.

Sebelumnya merebak di area media sosial salah pribadi pemain timnas Indonesia yang dimaksud diduga Witan Sulaeman sedang memasak mie instan pada pada kamar hotel. Kabar ini pertama kali diungkapkan oleh akun X @idn_abroad pada hari ini Selasa, 26 Desember 2023 pada pukul 15.14 WIB. Unggahan yang disebutkan kemudian dibalas oleh akun X lainnya @MafiaWasit dengan sebuah tangkapan layar dari Instagram Story eksklusif Marselino Ferdinan. 

Pelatih berusia 60 tahun itu menilai polemik pemain timnas Indonesia makan mie instan tidak suatu hambatan yang digunakan penting. Menurut dia, masih ada hal-hal lain yang tersebut lebih besar genting untuk diperhatikan.

“Jangan terlalu apa ya, hal-hal yang dimaksud kecil itu menjadi hal yang luar biasa. Di mana masalahnya? Mungkin tidak ada belaka mie instan, atlet juga ada coba keripik. Di mana salahnya?” kata Indra Sjafri. “Tetapi, bolehkah atlet memakan mie instan terus-menerus? Tidak boleh.”

Pria yang menjabat juga sebagai pembimbing timnas U-20 Indonesia itu menjamin bahwa PSSI menjaga kualitas asupan para pemain di dalam kelompok Merah Putih. Federasi, kata Indra Sjafri, mempunyai ahli gizi yang mana menyiapkan makanan sesuai keperluan pemain sehingga kondisi dia tetap memperlihatkan terjaga.

“Yang tiada boleh, PSSI atau kelompok nasional menyediakan makanan mie instan. Saya jamin sebagai direktur teknik, semua makanan yang tersebut disuguhkan ke atlet pasukan nasional adalah makanan terbaik juga kami punya ahli gizi di tempat situ,” tuturnya.

“Harusnya yang mana diviralkan makanan-makanan terbaik yang mana disediakan oleh kelompok nasional yang diviralkan. Selalu berpikiran positif kalau regu nasional ingin maju.”

Timnas Indonesia pada waktu ini sedang menjalani pemusatan latihan di area Turki sebelum memulai kiprahnya di dalam Piala Asia 2023. Skuad asuhan Shin Tae-yong akan menghadapi Irak pada laga perdana pada Doha, Qatar pada 15 Januari 2024.