Telkomsat Bicara Starlink, Alasan Kerja Sama juga Kompetisi

Telkomsat Bicara Starlink, Alasan Kerja Sama juga Kompetisi

Jakarta – Telkomsat mengakses kata-kata persoalan keberadaan Starlink pada Indonesia, di antaranya kerja samanya dengan perusahaan milik Elon Musk tersebut.

Starlink diketahui telah terjadi digunakan di Negara Indonesia melalui Telkomsat. Anak perniagaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. itu menggunakan Starlink sebagai penghubung jaringan utama dengan jaringan akses atau dikenal sebagai backhaul.

Direktur Penguraian Bisnis Telkomsat, Anggoro Kurnianto menjelaskan pihaknya melengkapi layanan untuk konektivitas dengan beraneka macam teknologi. Hal itulah yang mana mendasari kerja sebanding dengan Starlink.

“Bekerja mirip elon musk pada hal ini dengan Starlink karena kita membutuhkan kapasitas sangat jauh lebih tinggi besar untuk titik yang membutuhkan latensi rendah serta kapasitas besar. Sementara kalau menggunakan satelit sendiri sangat terbatas,” jelasnya dalam Jakarta, Awal Minggu (25/4/2024).

Penggunaannya berubah jadi pelengkap layanan Telkom lainnya. Anggoro juga mengaku Starlink memberikan faedah bagi layanan perusahaan, diantaranya pada waktu berlangsung kelainan memproduksi waktu recovery berubah menjadi lebih besar cepat lalu siap memberikan kapasitas yang tersebut cukup besar.

Sementara itu, Starlink dikabarkan akan masuk ke Indonesia lewat segmen retail. Bahkan diisukan jaringan satelit miliki pelaku bisnis Elon Musk itu akan masuk ke Ibu Pusat Kota Nusantara (IKN).

Menanggapi hal tersebut, beliau mengemukakan Telkomsat akan berupaya untuk terus memenuhi keinginan masyarakat. Termasuk memberikan kegunaan di bentuk apapun infrastrukturnya.

“Kita mencoba untuk seprofesional mungkin, berkompetisi atau memberikan layanan. Jadi apapun yang tersebut tersedia baik itu teknologi LEO, atau GEO seperti yang dimaksud kita luncurkan ini HTS satelit Merah Putih 2, it doesn’t matter buat kami,” jelasnya.

Sebagai perusahaan lokal, beliau meyakini pihaknya punya kelebihan yang dimaksud belaka diketahui komunitas Indonesia. Itu bisa jadi dimanfaatkan untuk mencari solusi yang tersebut tepat bagi yang tersebut dibutuhkan negara ini.

“Jadi saya punya believe kalau kita mampu mencoba mencari positioning-nya, kita tinggal menggunakan itu,” ujar Anggoro.

Artikel Selanjutnya Satelit Merah Putih 2 Telkom Siap Meroket, Cek Tanggalnya

Artikel ini disadur dari Telkomsat Bicara Starlink, Alasan Kerja Sama dan Kompetisi