Berita  

Temui Kepala Desa se-Kabupaten Serang, Jokowi Titip Pesan Penting Soal Dana Desa

Temui Kepala Desa se-Kabupaten Serang, Jokowi Titip Pesan Penting Soal Dana Desa

Berita Terkini Hari IniMelex.id Presiden Joko Widodo atau Jokowi menemui kepala desa se-Kabupaten Serang di dalam Desa Margagiri, Wilayah Serang, Banten, Awal Minggu (8/1/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengingatkan pentingnya mengurus dana desa untuk sesuatu yang tersebut bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya harapkan uang, anggaran yang dimaksud sudah ada masuk ke desa itu, betul-betul menjadi sesuatu untuk desa, dapat men-trigger (memicu) produktivitas produksi yang dimaksud ada di dalam desa,” kata Jokowi.

Jokowi lantas membeberkan, terdapat banyak infrastruktur yang tersebut sudah ada dibangun lalu bermanfaat, sebagai hasil dari dana desa yang mana telah dilakukan disalurkan pemerintah pusat, salah satunya adalah pengerjaan jalan desa yang tersebut telah lama mencapai 350 ribu kilometer.

“Ini hasil yang tersebut sangat baik. Kemudian juga, jembatan desa yang digunakan telah terbangun, data yang tersebut ada dalam saya 1.900.000 meter jembatan desa dan juga ini harus meningkat terus, meningkat, meningkat,” bebernya.

Lebih lanjut, Jokowi menyebut, pembangunan jalan desa sepanjang 350 ribu kilometer yang dimaksud juga menjadi bukti nyata pemerintah tak belaka melaksanakan penyelenggaraan infrastruktur besar.

Menurutnya, jumlah agregat jalan desa yang sudah diciptakan terpencil lebih besar panjang daripada konstruksi jalan tol di dalam seluruh Tanah Air.

“Supaya kita semuanya tahu, jangan nanti hanya saja berpikir yang digunakan diurus yang digunakan gede-gede, justru yang digunakan lebih lanjut banyak itu yang tersebut kecil-kecil. Nyatanya, jalan desa tadi 350 ribu kilometer, kemudian juga pangsa desa 14.600 yang mana terbangun. Kemudian juga, embung-embung yang digunakan dibangun dari dana desa telah 6.700 embung. Hal ini juga bukanlah jumlah total yang dimaksud kecil,” jelas Jokowi.

Oleh sebab itu, dirinya mengimbau para kepala desa untuk merencanakan pengerjaan infrastruktur dengan baik, salah satunya melalui penyusunan desain bangunan. Jokowi menyampaikan pemerintah pusat, melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), akan siap membantu pemerintah desa di menyusun perencanaan tersebut.

“Mereka siap untuk membantu Bapak, Ibu, semuanya untuk mendesainkan; yang digunakan penting Bapak, Ibu, semuanya, kepala desa itu miliki antusias yang tinggi, pasti akan dibantu. Insyaallah akan dibantu,” kata Jokowi.

Kepala Negara juga menekankan bahwa setiap desa memiliki karakteristik yang mana berbeda-beda. Oleh lantaran itu, Jokowi mengimbau para kepala desa untuk memulai pembangunan desa sesuai dengan keperluan dan juga peluang yang dimiliki masing-masing desa.

“Jangan semata-mata meniru-meniru, fotokopi saja, belum tentu setiap desa itu memiliki keunggulan lalu peluang yang sama. Sehingga, betul-betul kita harus mengerti kekuatan desa apa, peluang desa apa, itu yang digunakan harus dikalkulasi, sehingga menjadi sebuah barang yang bermanfaat bagi rakyat.” [ANTARA]

Sumber : Suara.com