Berita  

Tidak Sangka, Raja Muslim Terkaya ke Bumi Bukan dari Negara Islam

Tidak Sangka, Raja Muslim Terkaya ke Bumi Bukan dari Negara Islam

Jakarta – Salman bin Abadulazis bin Saud dari Arab Saudi ternyata bukan raja muslim yang terkaya pada dunia. Meski negara yang tersebut ia pimpin dikenal sebagai satu penghasil minyak bumi terbesar di dalam dunia, harta Raja Salman masih kalah dibandingkan dengan raja dari Brunei kemudian Thailand.

Sultan Brunei Hassanal Bolkiah tercatat mempunyai kekayaan senilai US$ 28 miliar (Rp 438 triliun), Hassanal Bolkiah menduduki peringkat raja terkaya kedua ke bola pasca Raja Thailand Maha Vajiralongkorn yang memiliki kekayaan US$ 43 miliar, sekaligus raja muslim yang tersebut mempunyai kekayaan terbanyak pada dunia ketika ini.

“Sultan Brunei, Sultan Hassanal Bolkiah … mempunyai perkiraan kekayaan bersih U$28 miliar,” tulis VisualCapitalist yang dimaksud merujuk The Business Standard 2018, disitir Mingguan (17/3/2024).

“Sebagian besar kekayaan ini bersumber dari penanaman modal minyak juga gas-sektor ini merupakan penopang perekonomian negara, lalu setengah dari Ekonomi Nasional Brunei bergantung pada pendapatan minyak,” tambahnya.

“Sang raja suka menghabiskan kekayaannya untuk beberapa kemewahan, diantaranya koleksi besar 7.000 mobil senilai lebih banyak dari US$5 miliar, dan juga beberapa jet pribadi,” jelas laman itu lagi.

Setelah Hassanal Bolkiah, baru Raja Salman menduduki peringkat selanjutnya dengan harta kekayaan US$ 18 miliar. Emir Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum menduduki sikap selanjutnya dengan kekayaan US$ 14 miliar.

Raja Muslim terkaya lainnya adalah Raja Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani dengan kekayaan US$ 2 miliar. Lalu Raja Maroko, Mohammed VI dengan kekayaan berjumlah sama.

Artikel ini disadur dari Tidak Sangka, Raja Muslim Terkaya di Dunia Bukan dari Negara Islam