Berita  

Tiga dari PSI, DPRD DKI Lantik Enam Anggota PAW Sisa Masa Jabatan 2019-2024

Tiga dari PSI, DPRD DKI Lantik Enam Anggota PAW Sisa Masa Jabatan 2019-2024

Berita Terkini Hari IniMelex.id DPRD DKI Ibukota melantik enam anggota Pengganti Antar Waktu (PAW) untuk sisa masa jabatan 2019-2024. Tiga anggota pengganti ini terbanyak dari fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ada Elva Farhi Qolbina menggantikan Anggara Wicitra Sastroamidjojo, Cornelis Hotman menggantikan Viani Limardi, kemudian Simon Lamakadu menggantikan Idris Ahmad.

Kemudian Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ada Ahmad Mardono menggantikan Yusriah Dzinnun juga Ali Fikri Noor menggantikan Muhayar. Serta dari Fraksi Partai Gerindra ada Munir Arsyad menggantikan Adi Kurnia Setiadi.

Pengucapan sumpah kemudian janji dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD DKI Ibukota Rany Mauliani serta disaksikan oleh Wakil Ketua DPRD Khoirudin, anggota DPRD, dan juga para konstituen.

Rany menjelaskan, rapat pengucapan sumpah lalu janji dijalankan berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD DKI Jakarta, 2 kemudian 5 Januari 2024.

Terpilihnya anggota PAW sesuai Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 lalu Pasal 109 ayat 1 Peraturan otoritas Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten, dan juga Kota.

Dalam aturan itu, disebutkan anggota DPRD yang berhenti antar waktu sebagaimana dimaksud pada Pasal 99 ayat 1 digantikan oleh calon anggota DPRD yang dimaksud memperoleh pendapat terbanyak urutan berikutnya di daftar peringkat perolehan pernyataan dari Partai Politik yang digunakan sejenis pada Daerah Pemilihan yang tersebut sama.

“Selanjutnya sesuai ketentuan Pasal 114 ayat 1 Peraturan pemerintahan Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten, dan juga Daerah Perkotaan bahwa anggota DPRD Pengganti Antar Waktu sebelum memangku jabatannya terlebih dahulu mengucapkan sumpah kemudian janji yang mana dipandu oleh pimpinan DPRD di rapat paripurna,” ujar Rany, Awal Minggu (8/1/2024).

Selanjutnya, Rany bersatu pemuka agama memandu keenam calon anggota PAW DPRD DKI Ibukota untuk mengucap sumpah janji yang mana mengandung tanggung jawab terhadap Bangsa serta Negara.

“Saya perlu mengingatkan bahwa sumpah janji yang akan diucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan juga negara, tanggung jawab pemelihara juga menyelamatkan Pancasila serta Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan juga tanggung jawab terhadap tegaknya demokrasi,” ungkap Rany.

Keenam anggota PAW yang mana menggunakan jas juga baju encim dengan lantang mengucap sumpah janji dipandu pemuka agama masing-masing.

“Saya berjanji akan memenuhi kewajiban sebagai anggota DPRD Provinsi DKI Ibukota dengan sebaik-baiknya serta seadil-adilnya sesuai dengan ketentuan peraturan dengan berpedoman pada Pancasila dan juga Undang-undang Tahun 1945,” ucap seluruh anggota PAW DPRD.

“Bahwa saya pada menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya demokrasi kemudian mengutamakan kepentingan bangsa kemudian negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, atau golongan. Saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang mana saya wakilkan untuk mewujudkan kepentingan bangsa dan juga negara RI,” lanjut seluruh anggota PAW DPRD.

Setelah pengucapan sumpah juga janji, Elva Farhi Qolbina, Cornelis Hotman, Simon Lamakadu, Ahmad Mardono, Ali Fikri Noor, serta Munir Arsyad, mendapat lencana (pin) sebagai tanda sah menjadi anggota DPRD DKI Ibukota sisa masa jabatan 2019-2024.

Sumber : Suara.com