Berita  

Timnas AMIN Tak Khawatir Anies Debat Soal Defense dengan Prabowo

Timnas AMIN Tak Khawatir Anies Debat Soal Defense dengan Prabowo

Berita Terkini Hari IniMelex.id Kapten Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Anies Baswedan juga Muhaimin Iskandar (AMIN), Muhammad Syaugi mengungkapkan tak khawatir dengan tema debat ketiga calon presiden (capres) serta calon duta presiden (cawapres) yang dimaksud disebut-sebut menjadi tema yang tersebut dikuasai capres nomor urut 2 Prabowo Subianto selaku Menteri Pertahanan.

Menurut dia, Anies juga tak khawatir akibat semua isu mengenai tema debat waktu malam ini disebut mampu dipelajari.

“Kan bisa saja dipelajari semua itu, nggak usah khawatir. Jadi, Pak Anies sangat yakin, apalagi paslon nomor 1 banyak jenderal,” kata Syaugi dalam Istora Senayan, Ibukota Pusat, Mingguan (7/1/2024).

Menurut dia, Anies sangat siap untuk menjalani debat dengan Prabowo Subianto lalu Ganjar Pranowo waktu malam ini. Syaugi juga menyampaikan Anies tak minder untuk berdebat dengan Prabowo yang digunakan merupakan Menteri Pertahanan.

“Nggak ada minder. Pak Anies itu selalu yakin. Orang ada programnya Desak Anies itu sangat sulit, lebih lanjut sulit daripada yang mana ini,” ujar Syaugi.

“InsyaAllah, mudah-mudahan, doakan hanya Pak Anies tampil gemilang,” katanya.

Moderator, Panelis, lalu Lokasi Debat Ketiga

Perlu diketahui, KPU sebelumnya menetapkan dua jurnalis dari MNC Group untuk menjadi moderator yang mana akan mengatur jalannya debat ketiga capres-cawapres.

“Yang akan menjadi moderator pada pelaksanaan debat ketiga nanti ada Anisha Dasuki lalu Ariyo Ardi,” kata Anggota KPU August Mellaz dalam Kantor KPU, Ibukota Pusat, Rabu (3/1/2024).

Dia juga mengungkapkan 11 nama panelis yang tersebut akan merumuskan pertanyaan untuk tiga capres pada debat kali ini.

Adapun para panelis untuk debat kali ini ialah Guru Besar Sektor Keselamatan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia Angel Damayanti, Dosen Hubungan Internasional serta Ahli Kajian Industri Defense kemudian Alih Teknologi Universitas Binus Curie Maharani Savitri, Guru Besar Pengetahuan Hubungan Internasional Universitas Indonesia Evi Fitriani, dan juga Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia serta Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani Hikmahanto Juwana.

Lebih lanjut, nama panelis lainnya ialah Ahli Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada I Made Andi Arsana, Dosen Proyek Studi Hubungan Internasional Ahli Ketenteraman kemudian Defense Universitas Pertamina lan Montratama, Peneliti Pusat Studi Politik Badan Studi kemudian Inovasi Nasional (BRIN) Irine Hiraswari Gayatri, juga Pakar Security Universitas Keamanan Kusnanto Anggoro.

Tiga nama panelis berikutnya yaitu Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) 2012-2014 juga Ketua Dewan Guru Besar Universitas Perlindungan Marsetio, Dekan Fakultas Pengetahuan Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan juga Senior Fellow CSIS Philips J. Vermonte, dan juga Guru Besar Lingkup Ketenteraman Global Universitas Padjadjaran Widya Setiabudi Sumadinata.

Sebelumnya, August mengungkapkan lokasi pelaksanaan debat yang mana akan mempertemukan Anies Baswedan, Prabowo Subianto, kemudian Ganjar Pranowo itu.

“Jadi, untuk debat ketiga itu akan dilaksanakan pada 7 Januari tahun 2023 bertempat di tempat Istora, tempatnya dalam Istora Senayan,” kata August.

Adapun tema debat yang akan dibahas ialah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, kemudian urusan politik luar negeri.

Sumber : Suara.com