Timnas Indonesia Banyak Diperkuat Naturalisasi, Osvaldo Haay Akui Persaingan Makin Sulit

Timnas Indonesia Banyak Diperkuat Naturalisasi, Osvaldo Haay Akui Persaingan Makin Sulit

Berita Terbaru Hari IniMelex.id Jakarta – Pemain Bhayangkara Presisi Indonesia FC Osvaldo Haay mengungkapkan keinginannya untuk kembali membela timnas Indonesia. Namun, ia mengaku jikalau pada waktu ini persaingan membela Merah Putih semakin sulit lantaran banyaknya pemain naturalisasi.

“Sekarang situasi di area timnas banyak pemain naturalisasi tentunya. Persaingan dalam di sangat-sangat tinggi levelnya,” ujar beliau pada waktu ditemui di area Lapangan B Gelora Bung Karno, Senayan Ibukota Indonesia Pusat, Kamis, 4 Januari 2024.

PSSI ketika ini memang sebenarnya terus memacu naturalisasi untuk pemain keturunan Indonesia. Dalam skuad timnas senior asuhan Shin Tae-yong yang dimaksud akan berlaga di area Piala Asia 2023 cuma ada tujuh nama naturalisasi, yakni Jordi Amat, Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Marc Klok, Ivar Jenner, Justin Hubner, lalu Rafael Struick.

Belum lagi para pemain yang sekarang sedang pada proses perpindahan kewarganegaraan, seperti Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, hingga Nathan Tjoe-A-On. Kemudian ada pula satu nama yang digunakan baru menyelesaikan proses naturalisasinya, yakni Jay idzes.

Demi kembali bisa saja mendapat tempat di dalam timnas Indonesia, Osvaldo Haay akan lebih besar dulu berupaya kembali ke performa terbaiknya dengan Bhayangkara FC. Terlebih ia baru pulih cedera yang mana sebelumnya menciptakan sang pemain harus menepi selama beberapa bulan.

“Soal kembali ke timnas tentunya saya sangat inginkan, tetapi saya melewatinya step by step lantaran baru kembali lagi dari cedera. Saya rasa dengan konsisten pasti sanggup kembali ke timnas, tapi harus tunjukkan lebih lanjut baik lagi,” tuturnya.

Winger berusia 25 tahun menilai persaingan ketat masuk timnas Indonesia akibat banyaknya naturalisasi tiada menyembunyikan kesempatan pemain non-naturalisasi berseragam Merah Putih. Menurut dia, semua pemain mempunyai kesempatan identik untuk menjadi bagian dari Skuad Garuda.

Osvaldo Haay telah mencatatkan enam penampilan bersatu timnas senior Indonesia. Terakhir kali beliau dipanggil pada 2021 kala pasukan asuhan Shin Tae-yong berlaga pada kualifikasi Piala Planet 2022. Pemain dengan syarat Papua ini tampil pada dua pertandingan sebagai starter pada waktu menghadapi Vietnam dan juga Uni Emirat Arab, dan juga menjadi pemain pengganti di laga kontra Thailand.