Toyota Kembangkan Land Cruiser dan juga Hiace Berbahan Bakar Hidrogen

Toyota Kembangkan Land Cruiser juga juga Hiace Berbahan Bakar Hidrogen

Melex.id Toyota Australia mengungkapkan sedang mempertimbangkan untuk mengembangkan model Hiace dan juga Land Cruiser dengan mesin pembakaran internal berbahan bakar hidrogen.

Presiden proyek hidrogen Toyota, Mitsumasa Yamagata mengatakan, tidaklah melakukan penutupan kemungkinan untuk mengadaptasi teknologi hidrogen ke pada kendaraan besar, termasuk Land Cruiser.

“Keunggulan teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk kendaraan-kendaraan besar termasuk kendaraan bermuatan besar,” ujar Yamagata, diambil dari Carscoops, Selasa (14/11/2023).

Sementara itu, PresidenToyota Australia, Mattheo Callachor mengakui bahwa Land Cruiser berbahan bakar hidrogen adalah salah satu kemungkinan.

“Tetapi perlu dicatat bahwa hal ini akan memerlukan sebuah rekayasa yang digunakan signifikan,” jelasnya.

Diketahui Toyota mulai mengembangkan mesin pembakaran berbahan bakar hidrogen pada tahun 2017 melalui prototipe GR Corolla dan juga GR Yaris yang muncul pada tahun 2021.

Namun inisiatif yang disebutkan sudah pernah diperluas hingga mencakup kendaraanyang tambahan besar. Alasan mengapa Hiace dipilih dibandingkan Land Cruiser untuk prototipe pertama adalah akibat cuma memerlukan rekayasa minimal pada ruang kabin.

Prototipe ini dibekali dengan mesin V6 3,5 liter turbocharged yang mana telah mengalami penyesuian. Di mana mesin yang tersebut mirip juga digunakan pada Land Cruiser Series 300 juga Lexus LX di dalam lingkungan ekonomi tertentu.

Sumber : Suara.com