Berita  

Update Gempa Tuban-Bawean: 2.393 Rumah Rusak, 9.648 Orang Mengungsi

Update Gempa Tuban-Bawean: 2.393 Rumah Rusak, 9.648 Orang Mengungsi

Jakarta – Telah muncul gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,5 pada hari terakhir pekan (22/3/2024) pukul 15.52 Waktu Indonesia Barat ke 132 km timur laut Tuban, Jawa Timur. Adapun kedalaman gempa 10 km dengan tempat kejadian pada 5,76 lintang selatan serta 112,33 bujur timur.

Badan Meteorologi, Klimatologi serta Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa tiada mungkin tsunami, juga telah dilakukan terjadi 150 kali gempa susulan hingga pukul 05.42 WIB. Gempa dirasakan tiada hanya saja pada Tuban, gempa dirasakan ke 21 kabupaten juga 7 kota dalam Pulau Jawa.

Merujuk data yang mana dirilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dampak gempa mengakibatkan 2 pendatang korban luka-luka, serta banyak bangunan dan juga rumah yang digunakan rusak akibat gempa, sehingga menyebabkan sekitar 9.648 penduduk penderita harus mengungsi.

BNPB merinci, sebanyak 331 rumah rusak berat, 706 rumah rusak sedang, kemudian 1.356 rumah rusak ringan. Konsekuensi lainnya, 63 infrastruktur sekolah terdampak, 5 prasarana kebugaran terdampak, 88 rumah ibadah, 5 kantor desa, 2 sepeda gowes motor, 8 gedung terdampak, juga 2 domicile ternak.

Oleh sebab itu, BNPB menyatakan ada beberapa orang keinginan mendesak yang digunakan dibutuhkan oleh para orang yang terluka yang digunakan terdampak gempa Tuban, diantaranya tenda pengungsi, makanan, minuman, selimut, juga obat-obatan.

Sementara bantuan yang telah diberikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur, diantaranya makanan siap saji, air mineral, terpal, lauk-pauk, sembako, matras, selimut, tenda pengungsi, tenda keluarga, kemudian family kit.

Lebih lanjut pada penanggulangan bencana ini, disampaikan bahwa Pusdalops PB BPBD Prov. Jatim melanjutkan koordinasi dengan BNPB, BMKG, dan juga Pusdalops PB BPBD Kab./Kota terkait melalui WAG. Pusdalops PB BPBD Prov. Jatim, juga melanjutkan koordinasi dengan Pusat Krisis Aspek Kesehatan Lokal Jawa Timur.

Personil BPBD Prov. Jatim serta BPBD Kab/Kota yang digunakan terdampak melanjutkan assessment pada wilayah masing-masing terkait dampak akibat gempa. Personil BPBD Prov. Jatim kemudian BPBD Kab. Gresik pada waktu ini melakukan asesmen dampak ke Kec. Sukapura, Kab. Gresik. Dan BPBD Prov. Jatim sudah memberangkatkan personil tambahan guna mempercepat penanganan dampak gempa bumi

Artikel Selanjutnya Nepal Diguncang Gempa Terparah Sejak 2015, Ini adalah Penjelasannya

Artikel ini disadur dari Update Gempa Tuban-Bawean: 2.393 Rumah Rusak, 9.648 Orang Mengungsi