Update Tim Asia Tenggara dalam Piala Asia 2023, Tinggal 2 Tim yang dimaksud Mungkin Berhasil Babak 16 Besar

Update Tim Asia Tenggara di Piala Asia 2023, Tinggal 2 Tim yang digunakan dimaksud Mungkin Berhasil Babak 16 Besar

Berita Bola Hari IniMelex.id Malaya menelan kekalahan pahit dalam Piala Asia 2023 setelahnya kalah 0-1 dari Bahrain pada matchday kedua Grup E di dalam Jassim Bin Hamad Stadium, Qatar, Hari Sabtu (20/1/2024) malam. Harimau Malaya harus merelakan kemenangan ketika gol Ali Madan terjadi pada menit ke-95, memproduksi Dion Cools lalu rekan-rekannya tersingkir lebih tinggi awal dari kompetisi ini.

Kekalahan yang disebutkan menyisakan rasa kecewa akibat terjadi di tempat menit akhir pertandingan. Meskipun pada laga pertama, Malaya telah kalah telak 0-4 dari Yordania, hasil laga terakhir fase grup melawan Korea Selatan tetap saja tidaklah akan mempengaruhi nasib Malaya di tempat kompetisi ini.

Malaysia sekarang menjadi kelompok ASEAN kedua yang harus pulang lebih banyak awal dari Piala Asia 2023, mengikuti jejak Vietnam yang mana sebelumnya telah dipastikan gagal lolos dari fase grup pasca kalah 2-4 dari Jepun lalu 0-1 dari Indonesia.

Para pemain Bahrain melakukan selebrasi usai pertandingan kedua Grup E Piala Asia 2023 antara Bahrain vs Negara Malaysia dalam Stadion Jassim bin Hamad di area Doha pada 20 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.
Para pemain Bahrain melakukan selebrasi usai pertandingan kedua Grup E Piala Asia 2023 antara Bahrain vs Malaya dalam Stadion Jassim bin Hamad dalam Doha pada 20 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.

Meskipun begitu, masih ada dua duta Asia Tenggara yang mana terus meraih harapan di dalam Piala Asia 2023, yaitu Timnas Indonesia juga Thailand.

Thailand berada di dalam sikap yang mana cukup aman di area puncak Grup F pasca berhasil meraih kemenangan laga perdana kontra Kyrgystan. Mereka akan menghadapi laga kedua kontra Oman pada Hari Minggu (21/1/2024).

BACA JUGA: Piala Asia 2023: Sandy Walsh Bakar Semangat Timnas Indonesia Jelang Lawan Jepang, Target ke Babak 16 Besar

Sementara itu, Timnas Indonesia akan menghadapi laga penentuan melawan Negeri Matahari Terbit di tempat Grup D. Meskipun berada dalam sikap ketiga dengan tiga poin berkat kemenangan menghadapi Vietnam, potensi Timnas Indonesia untuk melaju ke 16 besar terbuka lebar.

Jepang, yang digunakan kalah 1-2 dari Irak pada laga kedua, akan mencoba keras untuk meyakinkan tempat mereka itu di tempat fase 16 besar.

Skenario Timnas Indonesia untuk melaju ke sesi selanjutnya dapat melalui jalur runner-up terbaik, dikarenakan merekan masih berada di area daftar empat regu teratas yang tersebut berhak maju lewat skema itu. Dengan semangat serta perjuangan maksimal, Timnas Indonesia tetap saja optimis untuk mengakibatkan pulang hasil yang memuaskan dalam Piala Asia 2023.

BACA JUGA: Mulai Panik, Takefusa Kubo Takut Mimpi Negeri Matahari Terbit Dikubur Timnas Indonesia

Ketakutan Timnas Jepang

Bintang Timnas Jepang, Takefusa Kubo menegaskan timnya harus fokus jelang menghadapi Timnas Indonesia di matchday terakhir Grup D Piala Asia 2023, Rabu (24/1/2024) mendatang.

Kubo, yang sekarang berkarier di tempat Turnamen Spanyol dengan Real Sociedad, menegaskan Negeri Matahari Terbit harus memusatkan pikiran pada matchday terakhir Grup D demi lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Situasi Jepun menjadi sulit setelahnya dia secara mengejutkan kalah 1-2 dari Irak pada matchday kedua yang mana berlangsung Hari Jumat (19/1/2024).

Kekalahan itu bikin pasukan berjuluk Samurai Biru belum dipastikan lolos ke fase gugur. Hasil menghadapi Timnas Indonesia akan menentukan kesempatan mereka menyeberangi fase grup.

Kekalahan dari Irak tak belaka bikin Negeri Matahari Terbit harus bekerja lebih banyak keras untuk lolos fase gugur, tetapi menyebabkan merekan was-was akibat berpotensi jumpa Korea Selatan dalam fase 16 besar.

Andai Jepun mengalahkan Timnas Indonesia, mereka akan finis sebagai runner-up Grup D serta akan menghadapi juara Grup E yang mana kemungkinan antara Korea Selatan atau Yordania.

Kubo menegaskan bahwa ia lalu rekan-rekannya tiada boleh berpikir terlalu jauh. Dia menyampaikan peringatan hasil tak diinginkan kemungkinan besar terjadi andai merekan hilang fokus di laga kontra Timnas Indonesia.

Sumber : Suara.com